home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Bernama Unik, Ini Kunci Sukses Seorang Pemegang Gelar Doktor Termuda di Indonesia

Kamis, 21 September 2017 18:33 by reinasoebisono | 1914 hits
Tak Hanya Bernama Unik, Ini Kunci Sukses Seorang Pemegang Gelar Doktor Termuda di Indonesia
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Kesuksesan dan pencapaian memuaskan memang selalu melalui proses dan perjuangan panjang yang tak mudah. Namun hal itu makin istimewa ketika dijalani di usia yang masih terbilang muda.

Seorang pemuda asal Kupang, NTT ini menghebohkan publik dengan menjadi doktor termuda di Indonesia. Menariknya, lelaki yang masih berusia 24 tahun ini juga memilili nama yang jarang dimilili oleh orang lain.

Pria kelahiran 31 Maret 1993 bernama Grandprix Thomryes Marth Kadja ini menyelesaikan studi S2 dan S3 di ITB dengan mengikuti program beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) yang dikeluarkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2013.

Dalam penelitian disertasinya, ia konsen di bidang Katalis dengan topik zeolite sintesis, mekanisme dan peningkatan hierarki zeolit ZSM-5. Katalis sendiri adalah zat yang mempercepat reaksi kimia pada suhu tertentu, tanpa mengalami perubahan.

Baca juga: Tiga Mahasiswa Palestina Ditembak Di Amerika Serikat, Benci Jadi Tindak Kekerasan?

"Kendalanya S2 dan S3 banyaknya penelitian ya, nah kesulitannya ada alat atau instrumen yang ITB enggak punya, di Indonesia enggak punya, ya kalau kayak gitu kami cari ke luar (negeri)," kata Grandprix melansir Detik.

Istilahnya terlalu sulit? Coba tiru rahasia Grandprix bisa meraih gelar tinggi di usia yang sangat muda. Ia mengaku mendapat semangat dari orang tua yang selalu mendukung cita-citanya memiliki pendidikan tinggi.

"Kuncinya banyak membaca, karena mau menulis harus banyak referensi. Jadi harus baca, dari yang saya lihat banyak yang cuma didownload tapi tidak dibaca. Jangan pantang menyerah, kerja keras. Refreshing juga perlu." tutur Grandprix.

Meski butuh proses dan kerja keras, Grandprix tetap berharap banyak anak muda Indonesia yang bisa lebih berprestasi darinya. Dengan begitu semakin banyak masyarakat yang berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)