home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap, Triliunan Dana Jemaah Mengalir ke Keperluan Pribadi Bos First Travel

Minggu, 20 Agustus 2017 22:40 by reinasoebisono | 6546 hits
Terungkap, Triliunan Dana Jemaah Mengalir ke Keperluan Pribadi Bos First Travel
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Tidak hanya kepolisian, namun Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau PPATK tengah melakukan penelusuran terkait aset yang dimiliki PT First Travel kini. Perusahaan travel itu sedang naik daun lantaran gagal memberangkatkan 35 ribu jemaah beribadah Umrah dengan total dugaan penipuan 550 miliar.

Kepala PPATK, Kiagus Ahmad Badaruddin mengatakan via Detik, hasil penelusuran akan menunjukkan apakah aset milik First Travel mencukupi atau tidak untuk memberangkatkan puluhan ribu jemaah yang masih terlantar tersebut.

Sempat simpang siur kemana uang ratusan miliar itu pergi, sementara pimpinan perusahaan tersebut, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan mengaku lupa uang itu tersebar kemana saja. Menurut Kiagus, uang itu juga mengalir ke aset pribadi bos First Travel.

"PPATK sudah menelusuri. Uang itu sebagian digunakan, sebagian diinvestasikan, juga masuk untuk kepentingan pribadi. Pembelian rumah, kendaraan dan lain-lain," ungkap Kiagus di Kantor Bank Indonesia, Jakarta, Minggu (20/8).

Baca juga: Serba-serbi Usaha Pemerintah Berangkatkan Jemaah First Travel: Minta Tambahan 8 Juta Lagi?

"Sementara PPATK enggak berwenang menjamin (First Travel) mampu atau tidak (memberangkatkan jamaah). Kami hanya melihat apa yang sudah terjadi, transaksi yang sudah terjadi, berapa sisanya, kemana uang itu pergi, kami masih bisa bantu," ujarnya.

Namun pihak PPATK mengaku tak bisa membeberkan hasil penyelidikan lebih lanjut, melainkan akan menyampaikan hasil investigasi tersebut ke penegak hukum yang berwenang. Meski begitu, Kiagus menyebut dari hasil penelusuran, besaran dana First Travel dan iuran jemaan yang telah masuk mencapai triliunan rupiah.

"Memang berdasarkan penelusuran sementara cukup besar, nilai yang diserap dari dana jemaah umroh. Triliunan nilainya," sebut dia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)