home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal Chuseok, Perayaan Besar Warga Korea Selatan Saat Musim Gugur

Jumat, 16 September 2016 13:02 by fzhchyn | 3867 hits
Mengenal Chuseok, Perayaan Besar Warga Korea Selatan Saat Musim Gugur
Image source: Dreamers.id
2. Penghormatan terhadap leluhur
 

Image source: tagstory.com

Pagi hari saat Chuseok, anggota keluarga berkumpul di rumah untuk melakukan upacara peringatan  yang disebut Charye (차례) untuk menghormati leluhur atau nenek moyang mereka. Dalam setahun, upacara ini dilakukan dua kali, yaitu saat Seollal (Tahun Baru Lunar/Imlek) dan Chuseok.

Perbedaannya hanya pada makanan yang disajikan. Saat Seollal, makanan utama yang dipersembahkan adalah Tteokguk (sup kue beras), sedangkan saat Chuseok adalah makanan hasil panen seperti olahan dari padi, alkohol, dan Songpyeon (kue beras).

Setelah upacara penghormatan selesai, anggota keluarga akan duduk bersama menikmati berbagai hidangan lezat yang telah disiapkan.


Image source: kookje.co.kr

Mengunjungi makam leluhur selama Chuseok dikenal dengan mana Seongmyeo (성묘). Selama kunjungan ini, anggota keluarga melakukan Beolcho (벌초) yaitu memberiskan rumput atau ilalang yang tumbuh di sekitar makam saat musim panas.

Kegiatan ini dianggap sebagai tugas dan ungkapan pengabdian dan penghormatan keluarga seseorang. Sekitar satu bulan sebelum libur Chuseok, jalan raya biasanya akan padat dengan keluarga yang mengunjungi makam leluhur.

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)