SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Presiden Jokowi Tegas Minta Pelaku Pemerkosa Yuyun Dihukum Berat!

Kamis, 05 Mei 2016 16:20 by Dits | 1839 hits
Presiden Jokowi Tegas Minta Pelaku Pemerkosa Yuyun Dihukum Berat!
Image source: dunia.news.

DREAMERS.ID - Kasus yang menimpa seorang pelajar SMP di Bengkulu, Yuyun (14) tengah menjadi sorotan publik. Yuyun tewas dengan tragis setelah diseret 14 pemuda ke dalam hutan dan diperkosa bergilir dalam kondisi tangan terikat .

Kasus ini mengundang simpati banyak pihak. Solidaritas pun diberikan dengan cara menyebar berita peristiwa ini sebagai bentuk peringatan dengan tagar #NyalaUntukYuyun. Bahkan ada juga yang mengajak menyalakan lilin sebagai simbol doa untuk Yuyun.

Tidak hanya dari masyarakat, namun Presiden Joko Widodo pun ikut angkat bicara dengan tegas meminta pelaku kasus pemerkosaan dan pembunuhan Yuyun dihukum berat. Dia menilai Yuyun adalah generasi penerus yang harus dilindungi.

"Kita semua berduka atas kepergian YY yang tragis. Tangkap dan hukum pelaku seberat-beratnya. Perempuan dan anak-anak harus dilindungi dari kekerasan," tegas Presiden melalui akun Twitter @jokowi, Rabu (4/5).


image source: twitter.com/jokowi

Baca juga: Buron 1,5 bulan, Akhirnya Satu Pelaku Kasus Yuyun Menyerahkan Diri

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise dengan nada kesal meminta untuk segera mengesahkan kembali RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. Dalam salah satu pasal dia meminta agar hukuman terhadap pelaku diperberat menjadi hukuman seumur hidup ataupun hukuman mati. 

"Nah ini sangat memprihatikan. Apa bedanya dengan nyawa yang masih hidup dengan yang sudah mati? Padahal sama berharganya," tutup Yohana.

Sebelumnya, pegiat LSM juga mengecam kasus pemerkosaan dan pembunuhan Yuyun. Perwakilan LSM Perempuan Mahardhika, Mutiara Ika Pratiwi menuntut pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo segera bereaksi menyikapi kasus ini.

"Ingin mendengar bagaimana statement cepat Jokowi terkait kasus-kasus perkosaan, terkait kasus-kasus kekerasan seksual, yang setiap hari memakan banyak korban," ujar Ika di kantor YLBHI, Jalan Diponegoro No.74, Jakarta Pusat, Selasa (3/5).

Ika menilai, pernyataan sikap dan respons presiden terhadap kasus Yuyun penting untuk mempercepat kerja aparat penegak hukum menuntaskan kasus ini dan kasus serupa lainnya.

"Statement ini akan membantu bagaimana seluruh birokrasi dan seluruh aparatur negara dari pusat hingga daerah, akan melihat ini sebagai situasi yang penting. Tapi itu (pernyataan sikap Jokowi) yang kita tunggu-tunggu," kata Ika.

Semoga keadilan bisa ditegakkan dan pelaku dihukum dengan hukuman setimpal ya Dreamers..

Source:
Komentar
  • HOT !
    Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memutuskan untuk mundur dari Pemilihan Wali Kota Bandung yang rencananya akan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang. Keputusan  tersebut ia sampaikan melalui akun media sosialnya....
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)