home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peringati Hari Perempuan Internasional, Kelompok Pekerja di Seoul Tolak Aturan Ber-Makeup

Jumat, 11 Maret 2016 12:20 by fzhchyn | 1361 hits
Peringati Hari Perempuan Internasional, Kelompok Pekerja di Seoul Tolak Aturan Ber-Makeup
Image source: hani.co.kr

DREAMERS.ID - Memperingati International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret lalu, banyak kaum wanita yang melakukan berbagai aksi untuk menyuaran pendapat mereka. Salah satunya yang terjadi di Korea Selatan adalah aksi demo dari kelompok pekerja paruh waktu.

Kelompok yang menamakan diri sebagai Part-Time Workers‘ Union atau Serikat Pekerja Paruh Waktu tersebut menggelar konferensi pers di depan bioskop CGV di daerah Myeongdong, Seoul, Selasa (8/3) waktu setempat.


Image source: the Hankyoreh

Aksi ini merupakan bentuk penolakan mereka terhadap kewajiban yang diberlakukan perusahaan atau pihak di mana mereka bekerja untuk merias diri alias ber-makeup. Seperti aksi demo pada umumnya, mereka membawa banner yang bertuliskan keberatan mereka terhadap aturan tersebut dan membacakannya di depan umum.

Mereka menentang aturan yang membuat pekerja perempuan untuk menjaga penampilan. Karena hal tersebut akan membuat mereka menghabiskan upah hanya untuk membeli produk kosmetik yang bisa dibilang tidak sebanding dengan bayaran yang mereka terima.

Seperti dilansir laman the Hankyoreh, para pekerja paruh waktu mendapat upah atau gaji sebesar 6.030 won atau sekitar 65.000 rupiah per jamnya. Sedangkan harga satu lipstick bisa mencapai 8.500 won atau sekitar 92.000 rupiah.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)