SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Masuki Musim Pancaroba, BMKG Peringatkan Masyarakat untuk Waspada

Kamis, 12 November 2015 09:07 by zia92 | 1065 hits
Masuki Musim Pancaroba, BMKG Peringatkan Masyarakat untuk Waspada
Image source: BMKG

DREAMERS.ID - Beberapa daerah di Indonesia sudah diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir ini, meski intensitasnya tidak panjang. Hal ini menjadi tanda bahwa pergantian musim dari kemarau ke penghujan sudah mulai terjadi.

Kepala Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Andi Eka Sakya mengatakan, ada beberapa ciri udara ketika pancaroba. Di antaranya akan sering terjadi cuaca panas terik dari pagi sampai tengah hari. Perubahan suhu naik bisa mencapai lima derajat celcius. "Kelembaban udara yang tinggi sehingga udara terasa gerah," katanya.

Selain itu, perubahan cuaca juga mengalami perubahan yang sangat signifikan antara siang menjelang sore dan malam. Hal ini menyebabkan hembusan angin yang kuat dan kencang dan hujan lebat terjadi secara tiba-tiba. "Durasinya pendek dan lokasi hujan yang berubah sopradis," katanya.

Andi mengatakan, kondisi peralihan kemarau ke hujan atau pancaroba ini dapat berlangsung hingga akhir November 2015. Sementara musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi akan dimulai pada akhir November hingga awal Desember.

Baca juga: Penjelasan BMKG Soal Fenomena Hujan Hanya Guyur Satu Rumah di Tebet

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian saat memasuki musim pancaroba ini, salah satunya adalah kondisi badan menjadi mudah lelah karena ketahanan tubuh menurun. Gejala dehidrasi juga mudah terjadi, imbasnya bisa mudah terkena penyakit seperti demam dan flu akibat perubahan kondisi cuaca mendadak.

Andi juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai tanah lereng yang mudah longsor, mencatat nomor telepon penting yang dapat dihubungi, serta mengenali peta daerah rawan angin puting beliung.

Masyarakat juga perlu mengenali tanda-tanda sebelum kejadian puting beliung, seperti udara terasa panas dan gerah, terjadi pertumbuhan awan yang cepat, awan tiba-tiba gelap dan angin dingin mulai berhembus makin kencang, munculnya kilat dan petir.

(fzh/cnnindonesia/tempo)

Komentar
  • HOT !
    Fraksi PKS mengusulkan agar Fahri Hamzah dicopot dari jabatan Wakil Ketua DPR. Pencopotan tersebut diajukan dalam surat yang dibacakan saat paripurna penutupan masa sidang DPR, Senin (11/12). Disebutkan juga kalau F PKS meminta Fahri diganti dengan Ledia Hanifa Amaliah. Lantas bagaimana tanggapan Fahri?...
  • HOT !
    Masyarakat menyoroti keputusan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk tidak lagi membuka akses warga melihat proses rapat Pemprov DKI. Karena Anies Sandi tidak mengunggah video semacam itu di channel Youtube lagi....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)