SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Masuki Musim Pancaroba, BMKG Peringatkan Masyarakat untuk Waspada

Kamis, 12 November 2015 09:07 by zia92 | 1094 hits
Masuki Musim Pancaroba, BMKG Peringatkan Masyarakat untuk Waspada
Image source: BMKG

DREAMERS.ID - Beberapa daerah di Indonesia sudah diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir ini, meski intensitasnya tidak panjang. Hal ini menjadi tanda bahwa pergantian musim dari kemarau ke penghujan sudah mulai terjadi.

Kepala Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Andi Eka Sakya mengatakan, ada beberapa ciri udara ketika pancaroba. Di antaranya akan sering terjadi cuaca panas terik dari pagi sampai tengah hari. Perubahan suhu naik bisa mencapai lima derajat celcius. "Kelembaban udara yang tinggi sehingga udara terasa gerah," katanya.

Selain itu, perubahan cuaca juga mengalami perubahan yang sangat signifikan antara siang menjelang sore dan malam. Hal ini menyebabkan hembusan angin yang kuat dan kencang dan hujan lebat terjadi secara tiba-tiba. "Durasinya pendek dan lokasi hujan yang berubah sopradis," katanya.

Andi mengatakan, kondisi peralihan kemarau ke hujan atau pancaroba ini dapat berlangsung hingga akhir November 2015. Sementara musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi akan dimulai pada akhir November hingga awal Desember.

Baca juga: Aplikasi Ini Berikan Berbagai Informasi yang Cepat dan Akurat Terkait Gempa

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian saat memasuki musim pancaroba ini, salah satunya adalah kondisi badan menjadi mudah lelah karena ketahanan tubuh menurun. Gejala dehidrasi juga mudah terjadi, imbasnya bisa mudah terkena penyakit seperti demam dan flu akibat perubahan kondisi cuaca mendadak.

Andi juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai tanah lereng yang mudah longsor, mencatat nomor telepon penting yang dapat dihubungi, serta mengenali peta daerah rawan angin puting beliung.

Masyarakat juga perlu mengenali tanda-tanda sebelum kejadian puting beliung, seperti udara terasa panas dan gerah, terjadi pertumbuhan awan yang cepat, awan tiba-tiba gelap dan angin dingin mulai berhembus makin kencang, munculnya kilat dan petir.

(fzh/cnnindonesia/tempo)

  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)