home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Masuki Musim Pancaroba, BMKG Peringatkan Masyarakat untuk Waspada

Kamis, 12 November 2015 09:07 by fzhchyn | 1180 hits
Masuki Musim Pancaroba, BMKG Peringatkan Masyarakat untuk Waspada
Image source: BMKG

DREAMERS.ID - Beberapa daerah di Indonesia sudah diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir ini, meski intensitasnya tidak panjang. Hal ini menjadi tanda bahwa pergantian musim dari kemarau ke penghujan sudah mulai terjadi.

Kepala Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Andi Eka Sakya mengatakan, ada beberapa ciri udara ketika pancaroba. Di antaranya akan sering terjadi cuaca panas terik dari pagi sampai tengah hari. Perubahan suhu naik bisa mencapai lima derajat celcius. "Kelembaban udara yang tinggi sehingga udara terasa gerah," katanya.

Selain itu, perubahan cuaca juga mengalami perubahan yang sangat signifikan antara siang menjelang sore dan malam. Hal ini menyebabkan hembusan angin yang kuat dan kencang dan hujan lebat terjadi secara tiba-tiba. "Durasinya pendek dan lokasi hujan yang berubah sopradis," katanya.

Andi mengatakan, kondisi peralihan kemarau ke hujan atau pancaroba ini dapat berlangsung hingga akhir November 2015. Sementara musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi akan dimulai pada akhir November hingga awal Desember.

Baca juga: Ternyata BRIN & BMKG Beda Pendapat Soal Tornado dan Puting Beliung di Rancaekek!

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian saat memasuki musim pancaroba ini, salah satunya adalah kondisi badan menjadi mudah lelah karena ketahanan tubuh menurun. Gejala dehidrasi juga mudah terjadi, imbasnya bisa mudah terkena penyakit seperti demam dan flu akibat perubahan kondisi cuaca mendadak.

Andi juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai tanah lereng yang mudah longsor, mencatat nomor telepon penting yang dapat dihubungi, serta mengenali peta daerah rawan angin puting beliung.

Masyarakat juga perlu mengenali tanda-tanda sebelum kejadian puting beliung, seperti udara terasa panas dan gerah, terjadi pertumbuhan awan yang cepat, awan tiba-tiba gelap dan angin dingin mulai berhembus makin kencang, munculnya kilat dan petir.

(fzh/cnnindonesia/tempo)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)