home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Madura Akan Deklarasi Jadi Provinsi di Hari Pahlawan 10 November

Rabu, 04 November 2015 23:00 by fzhchyn | 3185 hits
Madura Akan Deklarasi Jadi Provinsi di Hari Pahlawan 10 November
Image source: mappijatim.

DREAMERS.ID - Pulau Madura Jawa Timur akan segera mendeklarasikan diri sebagai provinsi baru saat peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2015. Gagasan melepaskan diri dari Provinsi Jawa Timur ini, didasari rasa ketidakadilan yang dirasakan masyarakat Madura atas pembangunan di Pulau Garam.

"Pada prinsipnya, orang-orang Madura sudah kecewa pada pemerintah yang ada. Madura selalu dianaktirikan, sehingga terbelakang. Mulai dari pendidikan. Banyak rakyat Madura yang buta huruf. Dari segi kesehatan, ada banyak warga meninggal saat melahirkan," terang Sekjen Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M), Jimhur Saros dalam konferensi pers di Surabaya, Rabu (4/11).


Jimhur Saros (Merdeka)

Dia melanjutkan, "Kemudian soal pekerjaan, orang Madura sulit bekerja di daerahnya sendiri. Sehingga banyak anak-anak muda keluar merantau mencari pekerjaan di daerah lain. Karena di Madura, daerahnya tandus, gersang dan tidak produktif. Meskipun sudah ada Suramadu (Jembatan Surabaya-Madura), pembangunan tetap tidak merata."

Jimhur juga mengklaim, keputusan pihaknya melepaskan diri dari Jawa Timur karena menyangkut hati nurani rakyat di pulau yang terdiri empat kabupaten yaitu; Bangkalan, Sumenep, Pamekasan dan Sampang itu, yang terus dizolimi pemerintah pusat. "Ini soal hati nurani rakyat Madura. Kita harus bisa menyejahterakan diri agar Madura menjadi daerah laik," tegasnya.

Terkait persoalan kesiapan sendiri, Jimhur menyatakan sudah siap 100 persen. Bahkan, pihaknya juga siap mengajukan judicial review undang-undang, serta siap menduduki Gedung DPR di Jakarta.

Baca juga: Ini Alasan Madura Ingin Memisahkan Diri Menjadi Provinsi Sendiri

"Kita sudah tahu aturannya (pemekaran). Kita akan ajukan judicial review. Kita bisa minta itu ke DPR. Kalau Gorontalo yang hanya memiliki tiga daerah bisa, kenapa Madura yang memiliki empat daerah tidak?" ucapnya.

Sedangkan soal deklarasi yang digelar bertepatan dengan Hari Pahlawan, Jimhur mengaku mengadopsi semangat juang para pahlawan 1945, yang gigih memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sehingga pecah pertempuran 10 November di Surabaya.

Bahkan, Jimhur juga mengklaim tokoh perobek bendera Belanda menjadi Merah Putih di Hotel Oranje, Jalan Tunjungan pada pertempuran 10 November, adalah orang Madura.

"Kenapa tidak. Kita ambil semangat pertempuran 10 November. Bahkan yang merobek bendera di Hotel Oranje itu adalah orang Madura," klaim dia.

[cob]

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)