SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin Pulang Ke Indonesia, Wartawan Internasional Ini Mengaku Cucu Soekarno

Kamis, 22 Oktober 2015 20:30 by reinasoebisono | 2627 hits
Ingin Pulang Ke Indonesia, Wartawan Internasional Ini Mengaku Cucu Soekarno
Image source: Merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Kekuasaan Soekarno berakhir tak lama usai Gerakan 30 September atau G30S berlangsung. Soekarno dipaksa turun dari jabatannya dan diasingkan dalam kesendirian hingga akhir hidupnya.

Setelah kepergiannya, mulai banyak yang mengaku-ngaku sebagai anak dan cucunya. Keberadaan mereka tak pernah diketahui publik selama Soeharto berkuasa. Salah satunya adalah Chris Kline.

Kline mengaku dilahirkan dari rahim Rukmini Sukarno. Rukmini disebutnya salah satu anak Soekarno yang diasingkan oleh pemerintahan Orde Baru dan bermukim di New York. Sang ibu merupakan penyanyi Opera yang namanya dikenal negara-negara barat.

Sebelum diasingkan oleh negerinya sendiri, Rukmini sempat menikahi seorang aktor asal Amerika Serikat, Franklin Latimore Kline. Rukmini sempat divonis 14 tahun penjara serta denda USD 10 ribu karena dituduh menggelapkan dana negara sebesar USD 5,5 juta.


(Dari kiri) Rukmini Soekarno, Franklin Kline dan Chris Kline (Merdeka/Independent)

Baca juga: Maia Estianty Ternyata Cucu dari Istri Pertama Soekarno?

"Saya adalah cucu dari pendiri Indonesia modern, Soekarno. Jenderal Soeharto telah mengkudeta dirinya dalam sebuah kup (coup - kudeta) berdarah pada 1965, yang diam-diam dibantu secara antusias dengan AS, Inggris dan Australia," tulisnya seperti dikutip dari harian Independent.

Dalam tulisannya tersebut, Kline menuliskan beberapa kekejaman yang dilakukan oleh Soeharto terhadap sang ibu. Setelah kudeta berlangsung, Rukmini dan keluarganya dilarang berkunjung ke Indonesia.

Sepanjang hidupnya, Kline telah mengabdikan diri sebagai wartawan koresponden internasional untuk CNN dan Fox dan telah mendatangi banyak negara, kecuali Indonesia karena terdapat larangan pemerintahan Orde Baru. Dia mengaku kepergian Soeharto membuat kedatangannya untuk menengok asal usul keluarganya terbuka lebar.

"Akhirnya, saya bisa mendekap asal usul saya," tutupnya.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)