SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jika Tergiur AS Gantikan Sukhoi, Indonesia Akan Jadi Negara Pertama Terbangkan Pesawat Bersistem Radar Tercanggih

Kamis, 08 Oktober 2015 23:00 by reinasoebisono | 8364 hits
Jika Tergiur AS Gantikan Sukhoi, Indonesia Akan Jadi Negara Pertama Terbangkan Pesawat Bersistem Radar Tercanggih
Image source: Merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) telah menunjuk produsen pesawat tempur Rusia, Sukhoi untuk menggantikan F-5 Tiger II yang mulai uzur. Indonesia telah memilih Su-35 untuk menambah daya gempur sekaligus mengamankan wilayah udara dari penyusupan pesawat asing.

Namun, penunjukan tersebut tak lantas membuat Lockheed Martin, perusahaan pembuat pesawat F-16 Fighting Falcon patah arang. Mereka semakin gencar mempromosikan jet tempur terbarunya kepada Indonesia.

Jet tempur ini merupakan varian terbaru yang akan diproduksi pertama kalinya jika Indonesia setuju untuk membelinya. Alhasil, Indonesia bakal menjadi negara pertama dan satu-satunya di dunia yang mempergunakan sistem radar terbaru dan tercanggih.

"Indonesia sudah punya tradisi panjang terbangkan F-16. Dan Viper adalah mode; terbaru yang ditawarkan Amerika Serikat kepada Indonesia," ujar Duta Besar AS, Robert O Blake dalam jumpa persnya di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (7/10) kemarin.

Baca juga: Ini Video Turki Tembak Jatuh Pesawat Jet Rusia Yang Dianggap Melanggar Batas Udara

Blake menjelaskan, pesawat ini dapat memberikan banyak keunggulan dan kelebihan dibandingkan varian sebelumnya. Radar jenis AESA yang bisa mendeteksi pergerakan di udara maupun di darat.

"Radarnya yang canggih bisa digunakan untuk memerangi illegal fishing dan illegal logging dari udara," terangnya singkat.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Direktur Pengembangan Bisnis F-16 Lockheed Martin, Randy Howard. Bahkan, dia yakin pesawat varian terbaru ini bakal menyingkirkan semua kompetitor, termasuk Sukhoi.

"Varian ini punya radar aktif. Siapa lagi yang punya radar aktif sebaik dan secanggih kami, saya yakin kompetitor lain tidak ada," ucapnya yakin.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)