SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hanya dengan Senyuman, Pria Ini Mampu Hentikan Percobaan Bunuh Diri

Selasa, 19 Agustus 2014 07:00 by citra09 | 7174 hits
Hanya dengan Senyuman, Pria Ini Mampu Hentikan Percobaan Bunuh Diri
Ian Wolf

DREAMERSRADIO.COM - Hampir 50 tahun, seorang pria asal Australia bernama Don Ricthie menjalani pekerjaan mulia yaitu menghentikan orang-orang yang mencoba melakukan bunuh diri. Selama hidupnya, ia mampu menghentikan sekitar 160 orang yang mencoba bunuh diri di sebuah tebing bernama ‘The Gap’ yang menjadi lokasi populer bunuh diri.

Dilansir The Sydney Morning Herald, Don Ricthie yang memang tinggal di dekat tebing tersebut mampu menghentikan orang-orang yang ingin bunuh diri hanya dengan senyuman dan juga kata-kata yang manis.

Meski ia kini telah meninggal dunia beberapa tahun lalu saat usianya 85, ia kini masih diingat sebagai malaikat the Gap atau ‘Angel of the Gap’. Ritchie memilih untuk tinggal tepat di seberang jalan The Gap, jadi mudah baginya untuk mengentikan orang-orang yang ingin bunuh diri.

Ritchie berjalan setiap pagi dan melihat ke luar jendela demi melihat apakah ada seseorang yang mencoba melompat dari tebing. Jika ia melihatnya, ia secara perlahan akan mengampirinya, tersenyum, dan mengatakan, “Apakah ada sesuatu yang bisa aku lakukan untuk membantumu?”

Kedengarannya memang sangat simpel, namun trik tersebut terbukti berhasil. Ritchie mampu berbicara dari hati ke hati dan mengajak orang-orang tersebut mengunjungi rumahnya dan minum teh atau sarapan bersama.  

Baca juga: Polisi Konfirmasi Penyebab Kematian Sulli, Gantung Diri karena Depresi

“Itulah yang dibutuhkan untuk membuat orang berubah pikiran, dan ia (Ritchie) mengatakan jangan meremehkan kekuatan dari sebuah senyuman dan kata-kata manis,” tutur anak perempuan Ritchie, Cue Ritchy Bereny.

Rictchie terus tinggal di rumah tersebut hingga meninggal dunia di tahun 2012. “Aku rasa bukankah hebat tinggal di sini dan bisa membantu orang lain?” tutur Ricthie di masa hidupnya. Di tahun 2006, Ricthie bahkan diberi penghargaan Medali dari Order of Australia karena jasanya tersebut. Sayangnya di tahun selanjutnya Ritchie harus berperang melawan kanker hingga akhirnya meninggal pada Mei 2012.

(ctr)

Image: Ojoyvius, The Telegraph

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)