home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan

Kamis, 26 Agustus 2021 19:00 by rizaluthfiah | 716 hits
Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan
Image Source: The Korea Herald

DREAMERS.ID - Komisi Perlindungan Informasi Pribadi Korea Selatan pada hari Rabu (25/8) menjatuhi hukuman denda kepada penyedia layanan platform Facebook dan Netflix 6,7 miliar won (sekitar Rp 82,5 miliar) atas pelanggaran privasi.

Dilansir dari The Korea Herald, Komisi Perlindungan Informasi Pribadi menjatuhkan hukuman terhadap Facebook, Netflix, dan Google dan memerintahkan mereka untuk memperbaiki masalah setelah penyelidikannya.

Facebook dijatuhi hukuman terberat dengan 6,46 miliar Won (sekitar Rp 77,6 miliar). Komisi itu mengatakan penyedia layanan jejaring sosial yang berbasis di AS tersebut membuat dan menyimpan cetakan pengenalan wajah dari 200.000 pengguna lokal tanpa persetujuan antara April 2018 dan September 2019.

Ini merupakan denda terbaru di Facebook, dan yang terbesar kedua. Pada November 2020, komite memerintahkan Facebook untuk membayar 6,7 miliar Won (sekitar Rp 82,5 miliar) dan meminta penyelidikan kriminal karena memberikan informasi pribadi kepada operator lain tanpa persetujuan pengguna.

Facebook juga dituduh mengumpulkan nomor registrasi tempat tinggal orang dengan cara yang tak sesuai dengan hukum dan tidak memberitahukan perubahan terkait pengelolaan informasi pribadinya.

Sementara Netflix diperintahkan untuk membayar denda lebih dari 220 juta won (sekitar Rp 2,6 miliar) karena mengumpulkan informasi pribadi 5 juta orang tanpa persetujuan mereka, bahkan sebelum proses pendaftaran layanan mereka selesai. 

Netflix juga dianggap bertanggung jawab karena tidak mengungkap informasi tentang transfer data pribadi di luar negeri.

Sedangkan Google tidak didenda, tetapi direkomendasikan untuk meningkatkan tindakan penanganan informasi pribadinya oleh komisi. Keputusan tersebut menunjukkan bahwa hukum yang terkait pengumpulan informasi pribadi yang dilakukan Google masih belum jelas.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Seperti yang diberitakan sebelumnya, cuti Bersama akhir tahun dihapus oleh pemerintah sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi SKB Tiga Menteri Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, serta Nomor 3 Tahun 2021 tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama 2021....
  • HOT !
    Puluhan ribu anggota serikat pekerja turun ke jalan di seluruh Korea Selatan pada Rabu (20/10) untuk menuntut kondisi kerja yang lebih baik bagi pekerja tidak tetap dan kenaikan upah minimum. Ini terlepas dari peringatan berulang kali pemerintah bahwa unjuk rasa itu ilegal dan melanggar pembatasan Covid 19....
  • HOT !
     Seiring berkembangnya peraturan dan pilihan, fleksibilitas kegiatan vaksinasi COVID 19 pun makin beragam dan memudahkan. Kini, warga Indonesia yang memiliki KTP Non DKI sudah bisa vaksin Di Jakarta dengan vaksin merek apa pun! Dan perlu dicatat, Vaksin ini hanya berlaku untuk dosis vaksin pertama dan kedua....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)