home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cetak Sertifikat Vaksin Berbentuk Kartu Ternyata Bahaya, Berikut Himbauan Pemerintah

Selasa, 10 Agustus 2021 14:00 by rizaluthfiah | 205946 hits
Cetak Sertifikat Vaksin Berbentuk Kartu Ternyata Bahaya, Berikut Himbauan Pemerintah
Image Souce : acehstandar

DREAMERS.ID - Belakangan ini banyak orang ramai-ramai mencetak sertifikat vaksin dalam bentuk kartu. Sertifikat vaksin sendiri aslinya didapatkan secara online setelah mengikuti proses vaksinasi, yang bisa diunduh di website resmi Pedulilindungi.id

Alasan masyarakat memilih mencetak sertifikat vaksin berbentuk kartu, karna lebih mudah membawanya dapat disimpan di dalam dompet dan ditunjukkan saja. Pasalnya, bukti sertifikat vaksin wajib ditunjukkan di beberapa tempat. Tetapi, mencetak sertifikat dalam bentuk kartu nyatanya cukup berbahaya bagi kita. 

Bukan tanpa alasan, mencetak sertifikat vaksin akan membuat datamu mudah dicuri. Seperti yang kita tahu, dalam sertifikat tersebut tersimpan nomor KTP dan QR Code yang juga memiliki data penting terkait vaksinasi Covid-19.

"Pemilik sertifikat vaksinasi Covid-19 perlu menyadari bahwa sertifikat tersebut menyimpan data pribadi seperti nomor KTP dan QR code yang berisi data pribadi lainnya," ungkap juru bicara Kominfo Dedy Permadi.

"Kami mengimbau agar pemilik sertifikat vaksinasi Covid-19 dapat menjaga dengan baik data-data yang tersimpan di dalamnya," tambahnya, dikutip dari Grid.

Untuk menghindari kebocoran data dari pencetakan kartu vaksin, ada baiknya kamu mencetak sendiri di rumah dengan dicetak biasa, lalu dilaminating atau disimpan dalam bentuk kertas. Apabila ingin lebih bagus, bisa dicetak sendiri dengan kertas foto.

Namun, jika tidak memiliki mesin pencetak kertas, cukup unduh srtifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Seperti yang diberitakan sebelumnya, cuti Bersama akhir tahun dihapus oleh pemerintah sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi SKB Tiga Menteri Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, serta Nomor 3 Tahun 2021 tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama 2021....
  • HOT !
    Puluhan ribu anggota serikat pekerja turun ke jalan di seluruh Korea Selatan pada Rabu (20/10) untuk menuntut kondisi kerja yang lebih baik bagi pekerja tidak tetap dan kenaikan upah minimum. Ini terlepas dari peringatan berulang kali pemerintah bahwa unjuk rasa itu ilegal dan melanggar pembatasan Covid 19....
  • HOT !
     Seiring berkembangnya peraturan dan pilihan, fleksibilitas kegiatan vaksinasi COVID 19 pun makin beragam dan memudahkan. Kini, warga Indonesia yang memiliki KTP Non DKI sudah bisa vaksin Di Jakarta dengan vaksin merek apa pun! Dan perlu dicatat, Vaksin ini hanya berlaku untuk dosis vaksin pertama dan kedua....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)