home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cetak Sertifikat Vaksin Berbentuk Kartu Ternyata Bahaya, Berikut Himbauan Pemerintah

Selasa, 10 Agustus 2021 14:00 by rizaluthfiah | 206614 hits
Cetak Sertifikat Vaksin Berbentuk Kartu Ternyata Bahaya, Berikut Himbauan Pemerintah
Image Souce : acehstandar

DREAMERS.ID - Belakangan ini banyak orang ramai-ramai mencetak sertifikat vaksin dalam bentuk kartu. Sertifikat vaksin sendiri aslinya didapatkan secara online setelah mengikuti proses vaksinasi, yang bisa diunduh di website resmi Pedulilindungi.id

Alasan masyarakat memilih mencetak sertifikat vaksin berbentuk kartu, karna lebih mudah membawanya dapat disimpan di dalam dompet dan ditunjukkan saja. Pasalnya, bukti sertifikat vaksin wajib ditunjukkan di beberapa tempat. Tetapi, mencetak sertifikat dalam bentuk kartu nyatanya cukup berbahaya bagi kita. 

Bukan tanpa alasan, mencetak sertifikat vaksin akan membuat datamu mudah dicuri. Seperti yang kita tahu, dalam sertifikat tersebut tersimpan nomor KTP dan QR Code yang juga memiliki data penting terkait vaksinasi Covid-19.

"Pemilik sertifikat vaksinasi Covid-19 perlu menyadari bahwa sertifikat tersebut menyimpan data pribadi seperti nomor KTP dan QR code yang berisi data pribadi lainnya," ungkap juru bicara Kominfo Dedy Permadi.

"Kami mengimbau agar pemilik sertifikat vaksinasi Covid-19 dapat menjaga dengan baik data-data yang tersimpan di dalamnya," tambahnya, dikutip dari Grid.

Untuk menghindari kebocoran data dari pencetakan kartu vaksin, ada baiknya kamu mencetak sendiri di rumah dengan dicetak biasa, lalu dilaminating atau disimpan dalam bentuk kertas. Apabila ingin lebih bagus, bisa dicetak sendiri dengan kertas foto.

Namun, jika tidak memiliki mesin pencetak kertas, cukup unduh srtifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)