home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh Satu Negara Kena Prank, Berikut Fakta-fakta Sumbangan Palsu 2 Triliun Akidi Tio

Selasa, 03 Agustus 2021 13:15 by rizaluthfiah | 726 hits
Duh Satu Negara Kena Prank, Berikut Fakta-fakta Sumbangan Palsu 2 Triliun Akidi Tio
Image Source : Suara.com

DREAMERS.ID - Belakangan ini, nama almarhum Akidi Tio menjadi perbincangan publik usai salah satu keluarganya yaitu anak perempuan Akidi Tio memberikan bantuan Rp 2 Triliun sebagai upaya penanganan pandemi Covid-19 di Sumatera Selatan.

Sukses membuat publik tercengang dengan jumlah sumbangan yang fantastis, siapa sangka jika ternyata itu semua hanyalah hoaks. Pada Senin (2/8), anak perempuan Akidi Tio, Heriyanti ditangkap oleh pihak kepolisian diduga karena hoaks sumbangan uang sebesar Rp 2 Triliun yang dijanjikan dipastikan nihil. 

Selain Heriyanti, polisi juga menangkap Prof Dr Hadi Darmawan sebagai Dokter keluarga Akidi Tio. Saat ditanya polisi soal uang Rp 2 Triliun yang dijanjikan, Hadi Darmawan mengakui tidak pernah melihat sama sekali uang tersebut.

Dilansir dari Suara, berikut fakta-fakta mengenai hoaks sumbangan Rp 2 Triliun dari almarhum Akidi Tio yang membuat satu negara kena prank.

1. Penyerahan Bantuan Rp 2 Triliun Dihadiri Gubernur Sumatera Selatan

Bantuan tersebut telah diserahkan langsung oleh Prof dr Hardi Darmawan dari keluarga almarhum Akidi Tio kepada pemerintah. Sumbangan diserahkan secara simbolis di Mapolda Sumsel pada 27 Juli lalu.

Pemberian bantuan dari keluarga almarhum Akidi Tio tersebut disaksikan oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Dandrem 004 Gapo Brigjenn TNI Jauhari Agus Suraji dan Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Lesty Nurainy.

Pihak keluarga Akidi Tio mengatakan dana bantuan diberikan sepenuhnya ke Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sebagai penanganan pandemi Covid-19. Rencananya, uang donasi akan digunakan untuk penanganan pasien Covid-19 seperti kebutuhan obat-obatan, oksigen, tempat isolasi hingga pembayaran insentif bagi para tenaga kesehatan.

2. Banjir Pujian dari Sejumlah Tokoh

Salah satu tokoh yang memujinya adalah Addie MS. Musisi itu juga menambahkan, jika ia mengenal banyak sosok warga Indonesia keturunan Tionghoa seperti Akidi Tio ini. Sosok seorang kaya raya namun hidupnya bersahaja dan sederhana, sering sekali memberi bantuan atau sumbangan tanpa ingin disebutkan namanya.

Selain itu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pun mengapresiasi aksi Akidi Tio. Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi mengatakan tindakan keluarga Akidi Tio ini patut diteladani oleh masyarakat luas.

3. Sosok Akidi Tio Tidak Terkenal

Sosok Akidi Tio tidak diketahui banyak orang, termasuk Perwakilan Masyarakat Konghucu, Sakim yang turut hadir dalam acara penyerahan bantuan Rp 2 triliun tersebut. Dia mengemukakan, penyerahan sumbangan itu diberikan dan diwakilkan oleh dokter keluarga, Prof Hardi Darmawan.

Kedatangannya sendiri untuk menemani seorang anak perempuan almarhum Akidi Tio. Sakim memastikan jika pengusaha tersebut adalah warga Palembang. Namun diakui, jika dirinya tidak mengenal betul sosok Alm Akidi Tio.

4. Akidi Tio Tidak Masuk 10 Orang Terkaya Indonesia

Nama Akidi Tio, penyumbang Rp 2 triliun bagi penanganan COVID 19 di Sumatera Selatan tidak masuk daftar orang terkaya di dunia. Namanya tidak ada dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes.

5. Ketua MPR Bongkar Motivasi Akidi Tio Sumbang Rp 2 Triliun

Akidi Tio ternyata sudah meninggal pada 2009 silam dan sumbangan itu merupakan wasiat dari mendiang. Usut punya usut, sumbangan Rp 2 Triliun itu adalah sumpahnya pada orang kaya era Bung Karno. Sumpah Akidi Tio pada Thong Ju, orang kaya raya di era Bung Karno.

Kisah asal usul sumbangan Akiti Tio ini diungkapkan Ketua MPR, Bambang Soesatyo. Bamsoet mengungkapkan beberapa lini bisnis yang dimiliki pengusaha dermawan ini. Di antaranya usaha tambang baru dolomit bahan pembuat pupuk, juga pabrik kecap.

“Akidi Tio pernah bersumpah kepada Thong Ju kalau dia Kaya akan memberikan Sumbangan Rakyat Palembang dan TERBUKTI janjinya melalui wasiat anak cucunya. (Akidi) selalu pakai no name atau Hamba Allah,” tulis Bambang.

6. Dokter Keluarga Akiti Tio Ungkap Sumbangan Rp 2 Triliun Sudah Ditransfer

Dokter keluarga Alm Akidi Tio, Prof dr Hardi Darmawan menjelaskan mengenai progres donasi uang Rp 2 Triliun. Hal itu terungkap dalam tayangan kanal Youtube Helmy Yahya Bicara, Jumat 30 Juli 2021.

“Penyerahannya sudah terjadi ya Prof?” tanya Helmy, seperti dilansir dari  Suara. “Sudah, sudah, sudah.” jawab Prof Hardi.

Hardi sendiri tidak menjelaskan secara lebih rinci terkait penyerahan sumbangan itu. Helmy Yahya bertanya lagi bantuan diserahkan secara transfer atau cash. “Sudah, sudah selesai itu dengan Pak Kapolda,” ungkap Hardi.

7. Dahlan Iskan Ungkap Donasi Rp 2 Triliun Itu Tersimpan di Bank Singapura

Dahlan Iskan yang penasaran dengan sumbangan fantastis itu berhasil menemui seseorang perempuan yang dikatakan sangat dekat dengan Heriyanti. Wanita ini mengungkap uang Rp 2 Triliun itu benar-benar ada dan akan segera dicairkan.

Ia membeberkan uang itu hasil usaha Aki dengan partner bisnis di Singapura dan Hongkong. Mereka juga punya aset dalam bentuk gedung-gedung. Uang itu disebut tersimpan di Bank Singapura, di mana Heryanti berusaha mendapatkannya.

Ia disebut mendapat kabar dari Singapura bahwa uangnya sudah bisa diambil, sehingga berani menghadap kapolda Sumatera Selatan untuk menyerahkan sumbangan secara simbolis.

8. Heriyanti Resmi Ditangkap Terkait Hoaks Sumbangan Rp 2 Triliun

Polisi menangkap anak almarhum Akidi Tio setelah donasi Rp 2 Triliun itu diduga bohong alias hoaks. Anak almarhum Akidi Tio, bernama Heryanti malah disebut punya utang Rp 3 Miliar.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)