home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Salut! Ini Sosok Pemuda Indonesia di Balik Tim Vaksin AstraZeneca

Rabu, 21 Juli 2021 12:15 by rizaluthfiah | 435 hits
Salut! Ini Sosok Pemuda Indonesia di Balik Tim Vaksin AstraZeneca
Image source: genPI.co

DREAMERS.ID - Vaksin merupakan salah satu syarat utama agar tidak terpapar Covid-19. Salah satu yang digunakan di Indonesia adalah vaksin AstraZeneca, yang mana ternyata ada peran pemuda tanah air di balik pembuatannya.

Adalah Indra Rudiansyah mahasiswa di Universitas Oxford berusia 29 tahun. Di Oxford, ia fokus dalam pendidikan S3 mengembangkan vaksin malaria. Ia masuk sebagai peneliti di Jenner Institute & Nuffield Department of Clinical Medicine di universitas itu bersama ilmuwan Profesor Sarah Gilbert.

Indra Rudiansyah disebut berperan penuh dalam menganalisa data-data respon imun tubuh para relawan yang menerima vaksin. Semenjak bergabung pada awal Mei 2020, Indra telah menghabiskan waktu rata-rata 10 jam di laboratorium setiap harinya.

Baca juga: Pahami Lagi Perbedaan Vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm Beserta Efeknya

"Ada ratusan peneliti yang bekerja. Sumber daya yang besar ini bertujuan agar vaksin segera bisa dikembangkan dengan cepat," ujarnya, sebagaimana dikutip dari laman CNBC Indonesia.

Melansir Kompas, Indra Rudiansyah mengajukan diri untuk menjadi bagian karena saat itu tim peneliti vaksin kekurangan sumber daya manusia. Semua orang diperbolehkan bergabung untuk mempercepat proses produksi vaksin ini.

Indra menambahkan, "Biasanya, untuk mendapatkan data uji klinis vaksin fase pertama dibutuhkan waktu hingga lima tahun, tapi tim ini bisa menyelesaikan dalam waktu enam bulan." Ia memastikan bahwa efektifitas vaksin AstraZeneca tergolong tinggi termasuk mencegah virus varian delta.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Melonjaknya kasus Covid 19 memberikan dampak buruk bagi banyak orang orang, salah satunya pelajar internasional yang ingin sekolah di Korea Selatan. Ada sejumlah aturan baru yang diterapkan menyusul kedatangan mereka....
  • HOT !
    Varian terbaru dari Covid 19 yaitu varian delta yang sangat cepat menular menjadi strain dominan COVID 19 di Korea Selatan, sehingga mempersulit otoritas kesehatan untuk memperlambat penyebaran virus corona baru ini. Bahkan meluas ke daerah daerah selain Seoul....
  • HOT !
    Angka kasus positif Covid 19 terus meningkat di Indonesia. Banyak masyarakat yang mencari bantuan untuk ruang rumah sakit hingga ketersediaan oksigen di media sosial. Agar mempermudah masyarakat untuk mendapatkan bantuan, sejumlah situs diluncurkan untuk perbaruan bantuan informasi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : kradmisaki
Cast : penitipan anjing di kenjeran

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)