home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Salut! Ini Sosok Pemuda Indonesia di Balik Tim Vaksin AstraZeneca

Rabu, 21 Juli 2021 12:15 by rizaluthfiah | 528 hits
Salut! Ini Sosok Pemuda Indonesia di Balik Tim Vaksin AstraZeneca
Image source: genPI.co

DREAMERS.ID - Vaksin merupakan salah satu syarat utama agar tidak terpapar Covid-19. Salah satu yang digunakan di Indonesia adalah vaksin AstraZeneca, yang mana ternyata ada peran pemuda tanah air di balik pembuatannya.

Adalah Indra Rudiansyah mahasiswa di Universitas Oxford berusia 29 tahun. Di Oxford, ia fokus dalam pendidikan S3 mengembangkan vaksin malaria. Ia masuk sebagai peneliti di Jenner Institute & Nuffield Department of Clinical Medicine di universitas itu bersama ilmuwan Profesor Sarah Gilbert.

Indra Rudiansyah disebut berperan penuh dalam menganalisa data-data respon imun tubuh para relawan yang menerima vaksin. Semenjak bergabung pada awal Mei 2020, Indra telah menghabiskan waktu rata-rata 10 jam di laboratorium setiap harinya.

Baca juga: Jleb! Inikah Sindiran Menohok Menko Luhut Untuk Kaum Anti Vaksin?

"Ada ratusan peneliti yang bekerja. Sumber daya yang besar ini bertujuan agar vaksin segera bisa dikembangkan dengan cepat," ujarnya, sebagaimana dikutip dari laman CNBC Indonesia.

Melansir Kompas, Indra Rudiansyah mengajukan diri untuk menjadi bagian karena saat itu tim peneliti vaksin kekurangan sumber daya manusia. Semua orang diperbolehkan bergabung untuk mempercepat proses produksi vaksin ini.

Indra menambahkan, "Biasanya, untuk mendapatkan data uji klinis vaksin fase pertama dibutuhkan waktu hingga lima tahun, tapi tim ini bisa menyelesaikan dalam waktu enam bulan." Ia memastikan bahwa efektifitas vaksin AstraZeneca tergolong tinggi termasuk mencegah virus varian delta.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)