home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korsel Kena Serang 6000 Hacker Korut, Pejabat Desak Keamanan Diperketat

Senin, 19 Juli 2021 14:00 by rizaluthfiah | 509 hits
Korsel Kena Serang 6000 Hacker Korut, Pejabat Desak Keamanan Diperketat
Image Source: Fcom

DREAMERS.ID - Korea Selatan rupanya tengah menghadapi ancaman penyerangan digital dari para peretas Korea Utara. Sehingga muncul wacana agar mereka yang bekerja dengan urusan rahasia negara tidak perlu mendapat kebijakan work from home.

Tae Yong Ho, politisi oposisi utama konservatif  People Power Party (PPP) mendesak pemerintah Korsel untuk meninjau apakah akan mengizinkan karyawan organisasi yang berurusan dengan rahasia nasional penting untuk bekerja dari rumah, mengklaim bahwa lingkungan mereka bisa rentan terhadap serangan cyber Korea Utara.

"Peningkatan orang yang bekerja dari rumah atau bekerja dari jarak jauh karena pandemi COVID-19 bisa menjadi peluang emas bagi Korea Utara untuk mengekstrak informasi rahasia dari lembaga tertentu," tulis Tae di Facebook.

Melansir laman Korea Times, klaimnya muncul setelah tiga organisasi besar Korea Selatan menjadi korban serangan siber yang berasal dari Korea Utara dalam beberapa bulan terakhir. Mereka termasuk Korea Atomic Energy Research Institute (KAERI), Korea Aerospace Industries (KAI) dan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME).

KAERI adalah lembaga penelitian yang didanai pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengembangkan teknologi nuklir, sedangkan KAI adalah satu-satunya produsen pesawat terbang nasional. DSME adalah pembuat kapal utama yang mengkhususkan diri dalam pembangunan kapal selam dan kapal angkatan laut lainnya.

Tae Yong Ho yang juga diketahui sebagai mantan diplomat Korea Utara yang membelot menjadi politisi Korea Selatan, mengatakan, "Peretas Korea Utara akan habis-habisan mencuri teknologi reaktor nuklir kecil dan rudal kami."

Dia menambahkan bahwa sekitar 6.000 peretas menyerang organisasi Korea Selatan setiap hari dari dunia maya. Anggota parlemen itu juga mengatakan bahwa pemisahan jaringan internal dan eksternal sangat penting.

"Insiden peretasan semacam ini sebenarnya bisa dicegah jika jaringan internal dan eksternal dipisahkan. Namun, beberapa organisasi masih menghubungkan kedua jaringan itu saat staf bekerja di rumah," katanya.

"Dalam keadaan saat ini, tidak peduli seberapa sering kata sandi diubah dan tenaga serta fasilitas diperkuat, peretas Korea Utara pada akhirnya akan menembus jaringan mereka."

Tae Yong Ho mengatakan bahwa di Korea Utara, Pyongyang tidak pernah mengizinkan menghubungkan jaringan internal dan eksternal di lembaga yang paling vital. "Mereka yang bekerja untuk kementerian luar negeri atau organisasi lain yang berurusan dengan informasi rahasia tidak diizinkan masuk dengan laptop atau tablet pribadi mereka."

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)