home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Islandia Terapkan Kerja 4 Hari Seminggu Terbukti Sukses dan Efektif

Jumat, 16 Juli 2021 12:15 by rizaluthfiah | 517 hits
Islandia Terapkan Kerja 4 Hari Seminggu Terbukti Sukses dan Efektif
Image Source : kelaspintar

DREAMERS.ID - Islandia telah menerapkan uji coba baru yaitu kerja 4 hari dalam seminggu. Sebuah studi di Islandia yang dirilis minggu ini menunjukkan bahwa pengurangan empat hari kerja dalam seminggu tidak hanya lebih efisien, tetapi juga membantu menghilangkan stres dan kelelahan bagi karyawan.

Melansir laman Travel and Leisure, Asosiasi Islandia untuk Keberlanjutan dan Demokrasi (Alda) dan lembaga think tank Inggris Otonomi bekerja sama untuk penelitian yang dijalankan dari 2015 hingga 2019.

Selama waktu tersebut, durasi kerja dipersingkat menjadi 35 atau 36 jam kerja dalam seminggu. Uji coba ini melibatkan 2.500 pekerja, lebih dari 1 persen populasi Islandia, tanpa mengurangi gaji mereka per bulannya.

Studi ini mencakup berbagai profesi, termasuk mereka yang bekerja di museum, penitipan anak, fasilitas hidup berbantuan, kebun raya, sumber daya manusia, keuangan, kedokteran, dan keselamatan publik.

Studi menyimpulkan, "Uji coba berhasil: Pekerja yang berpartisipasi mengambil jam lebih sedikit dan menikmati kesejahteraan yang lebih besar, keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik, dan semangat kerja sama yang lebih baik di tempat kerja - semuanya sambil mempertahankan standar kinerja dan produktivitas yang ada."

Berkat realisasi itu, pada bulan lalu, negara kepulauan itu telah memindahkan 86 persen dari populasi pekerjanya (total 200.000 orang) ke pengurangan jam kerja atau memberi mereka pilihan untuk melakukannya.

“Oleh karena itu, uji coba ini merupakan kisah sukses yang luar biasa tentang pengurangan waktu kerja, yang menarik bagi para juru kampanye dan pekerja di seluruh dunia,” kata studi tersebut juga.

Perpindahan ke minggu kerja empat hari adalah filosofi yang sedang dibahas di seluruh dunia, dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyarankannya tahun lalu dan Spanyol juga menguji pengurangan jam kerja.

Sebuah penelitian di Australia tahun 2018 bahkan menunjukkan bahwa mereka yang berusia di atas 40 tahun tidak boleh bekerja lebih dari tiga hari seminggu.

"Perjalanan kerja yang lebih singkat di Islandia memberi tahu kita bahwa tidak hanya mungkin untuk bekerja lebih sedikit di zaman modern, tetapi perubahan progresif juga mungkin terjadi," kata salah seorang peneliti Alda Gudmundur Haraldsson.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)