home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ayo Catat, GeNose Tak Lagi Berlaku Sebagai Syarat Perjalanan Kereta Jarak Jauh!

Sabtu, 03 Juli 2021 13:45 by reinasoebisono | 762 hits
Ayo Catat, GeNose Tak Lagi Berlaku Sebagai Syarat Perjalanan Kereta Jarak Jauh!
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Dengan diberlakukannya PPKM Darurat per hari ini, Sabtu, 3 Juli, mulai ada beberapa kebijakan yang diterapkan. Salah satunya adalah PT KAI resmi menghilangkan sementara jika hasil tes GeNose menjadi syarat warga dalam melakukan perjalanan.

Melansir laman Detik, kebijakan itu merujuk pada keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Nantinya, kebijakan itu mulai diterapkan sejak 5 Juli 2021 hingga pemberlakuan masa PPKM darurat selesai.

"Jadi untuk GeNose masih berlaku sampai tanggal 4 (Juli). Tanggal 5 sampai masa PPKM berakhir itu hanya PCR dan antigen. Itu untuk sementara waktu selama masa PPKM darurat," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Stasiun Senen, Jakarta, Sabtu (3/7).

Kesimpulannya, hari pertama PPKM Darurat hingga 4 Juli besok, hasil tes GeNose masih berlaku menjadi salah satu syarat melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kereta api. Namun aturan tersebut akan dihilangkan sementara waktu per tanggal 5 Juli.

Eva menekankan tiap calon penumpang yang akan menggunakan kereta api jarak jauh wajib memenuhi tiap persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah selama PPKM darurat. Syarat itu mulai menunjukkan hasil bebas COVID-19 dan kartu vaksin.

"Jadi bagi calon pengguna yang tetap akan berangkat wajib memiliki kartu vaksin dosis pertama minimal. Dan juga surat PCR dengan hasil 2x24 jam dan antigen 1x24 jam," terang Eva.

Selain itu pun ada beberapa penyesuaian dari PT KAI selama PPKM Darurat berlangsung, salah satunya adalah pengurangan jumlah operasional kereta yang diberangkatkan tiap harinya.

Memang, selama pandemi yang berlangsung satu setengah tahun terakhir, ada penurunan 60% dari armada kereta yang diberangkatkan oleh PT KAI, khususnya di wilayah Daop 1 Jakarta. PT KAI hanya memberangkatkan maksimal 30 kereta setiap harinya dari jumlah 71 kereta sebelum pandemi.

"Pada saat PPKM darurat jumlah itu akan kembali dikurangi. Seperti weekend ini biasanya sampai 20-22 KA, hari ini hanya 11 KA. Besok mungkin akan dikurangi juga," ujar Eva.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pada bulan Mei lalu, sidang akhir diputuskan untuk menjatuhkan vonis seumur hidup kepada ibu angkat bayi Jung In bermarga Jang. Dalam sidang banding yang digelar baru baru ini pada 26 November, hukuman tersebut diringankan menjadi 35 tahun kurungan penjara....
  • HOT !
    Sangat disarankan untuk mengemudi dalam kondisi prima, bahkan tidak dianjurkan jika mengantuk sedikit pun. Pasalnya, pengemudi bisa saja mengalami microsleep yang tidak disadari dan memicu terjadinya kecelakaan....
  • HOT !
    Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 88 Tahun 2021 yang ditetapkan sejak 21 Oktober 2021, penumpang pesawat wajib melakukan tes PCR sebelum terbang. Aturan tersebut berlaku mulai Minggu, 24 Oktober 2021....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ghassanianna
Cast : Wooyoung, Hanna (karakter fiktif), Nichkhun, 2PM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)