home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ayo Catat, GeNose Tak Lagi Berlaku Sebagai Syarat Perjalanan Kereta Jarak Jauh!

Sabtu, 03 Juli 2021 13:45 by reinasoebisono | 827 hits
Ayo Catat, GeNose Tak Lagi Berlaku Sebagai Syarat Perjalanan Kereta Jarak Jauh!
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Dengan diberlakukannya PPKM Darurat per hari ini, Sabtu, 3 Juli, mulai ada beberapa kebijakan yang diterapkan. Salah satunya adalah PT KAI resmi menghilangkan sementara jika hasil tes GeNose menjadi syarat warga dalam melakukan perjalanan.

Melansir laman Detik, kebijakan itu merujuk pada keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Nantinya, kebijakan itu mulai diterapkan sejak 5 Juli 2021 hingga pemberlakuan masa PPKM darurat selesai.

"Jadi untuk GeNose masih berlaku sampai tanggal 4 (Juli). Tanggal 5 sampai masa PPKM berakhir itu hanya PCR dan antigen. Itu untuk sementara waktu selama masa PPKM darurat," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Stasiun Senen, Jakarta, Sabtu (3/7).

Kesimpulannya, hari pertama PPKM Darurat hingga 4 Juli besok, hasil tes GeNose masih berlaku menjadi salah satu syarat melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kereta api. Namun aturan tersebut akan dihilangkan sementara waktu per tanggal 5 Juli.

Eva menekankan tiap calon penumpang yang akan menggunakan kereta api jarak jauh wajib memenuhi tiap persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah selama PPKM darurat. Syarat itu mulai menunjukkan hasil bebas COVID-19 dan kartu vaksin.

"Jadi bagi calon pengguna yang tetap akan berangkat wajib memiliki kartu vaksin dosis pertama minimal. Dan juga surat PCR dengan hasil 2x24 jam dan antigen 1x24 jam," terang Eva.

Selain itu pun ada beberapa penyesuaian dari PT KAI selama PPKM Darurat berlangsung, salah satunya adalah pengurangan jumlah operasional kereta yang diberangkatkan tiap harinya.

Memang, selama pandemi yang berlangsung satu setengah tahun terakhir, ada penurunan 60% dari armada kereta yang diberangkatkan oleh PT KAI, khususnya di wilayah Daop 1 Jakarta. PT KAI hanya memberangkatkan maksimal 30 kereta setiap harinya dari jumlah 71 kereta sebelum pandemi.

"Pada saat PPKM darurat jumlah itu akan kembali dikurangi. Seperti weekend ini biasanya sampai 20-22 KA, hari ini hanya 11 KA. Besok mungkin akan dikurangi juga," ujar Eva.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)