home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

10 Tahun Dipasang, Patung Anak Kecil Buang Air di Songdo Incheon Kini Tuai Kontroversi

Sabtu, 19 Juni 2021 11:47 by muthiasp | 3103 hits
10 Tahun Dipasang, Patung Anak Kecil Buang Air di Songdo Incheon Kini Tuai Kontroversi
Image source: Yonhap

DREAMERS.ID - Sudah 10 tahun sejak patung tiga anak laki-laki yang sedang buang air kecil terpasang di sebuah danau di kawasan Songdo, Incheon, Korea Selatan. Seiring berjalannya waktu, kini patung tersebut dinilai kontroversial.

Melansir laman Korea Times (18/6), beberapa penduduk dan pengunjung menyebut patung yang menunjukkan alat kelamin anak laki-laki itu tidak pantas sebagai karya seni publik. Dua pengaduan pun telah diajukan ke Komisi Anti-Korupsi dan Hak Sipil, meminta patung itu dicabut.

Patung-patung yang juga merupakan air mancur ini menggambarkan tiga orang anak laki-laki dengan celana yang turun sedang buang air kecil ke arah danau. Patung itu karya seniman Kim Young Gul yang dipasang pada tahun 2011.

Kim Young Gul mengatakan dia menciptakannya berdasarkan ingatan masa kecilnya bahwa anak-anak berkeliaran di sekitar dataran lumpur di Songdo untuk menangkap kerang yang biasa buang air kecil di tengah dataran lumpur ketika mereka tidak bisa pergi ke kamar mandi.

Namun, mereka yang mengajukan keluhan mengatakan tidak menyenangkan dan tidak nyaman melihat patung-patung itu memperlihatkan bagian pribadi mereka, serta tidak mengerti mengapa pengunjung taman perlu melihat patung-patung anak laki-laki yang sedang buang air kecil.

Awal bulan ini, seorang anggota komunitas online All That Songdo, menulis keluhan serupa dan mengatakan putranya yang duduk di bangku sekolah dasar mulai merasa malu dengan patung-patung itu, dan dia melihat banyak pasangan berkencan di sekitar daerah itu terkejut melihatnya.

"Tidak seperti 10 tahun lalu saat dipasang, suasana sosial berubah, dan karya seni seperti itu sepertinya tidak pantas di tempat umum," tulis warga.

"Ingatan buang air kecil di depan umum tidak relevan dengan sejarah Incheon dan tidak cocok dengan citra taman. Saya berharap karya seni lain yang melambangkan Songdo dapat dipasang sebagai gantinya."

Postingan tersebut menimbulkan kontroversi mengenai sejauh mana seni publik dapat diizinkan, dengan memperoleh lebih dari 100 komentar hanya dalam dua hari.

“Wajar jika perspektif publik tentang seni berubah seiring berjalannya waktu,” kata Lee Dong Yeong, seorang profesor pendidikan seni terapan di Universitas Hanyang. "Beberapa orang bisa merasa tidak nyaman, tapi bisa juga diterima sebagai peran karya seni," sambungnya.

Lee Dong Yeong juga mengatakan bahwa sama seperti patung-patung itu diterima secara sosial 10 tahun yang lalu, patung-patung itu mungkin dapat diterima lagi di masa depan. "Karena seniman membuat patung berdasarkan ingatannya yang spesifik, jika ada penjelasan tambahan, mungkin orang lebih mudah memahaminya."

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)