home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Juta Warga Korea Tercatat Sebagai Pemilik Saham Samsung Electronics

Jumat, 04 Juni 2021 12:00 by muthiasp | 604 hits
5 Juta Warga Korea Tercatat Sebagai Pemilik Saham Samsung Electronics
Image source: The Japan Times

DREAMERS.ID - Banyak warga Korea Selatan juga ikut berinvestasi saham yang sedang tren belakangan ini. Tercatat sekitar 5 juta orang atau 1 dari 10 orang Korea sekarang memiliki saham Samsung Electronics.

Melansir laman Chosun Ilbo, sekitar 3,85 juta orang di Korea Selatan memiliki saham biasa dan 1,12 juta orang saham preferen, sehingga total menjadi 4,97 juta orang yang berinvestasi dalam saham.

Hingga perseroan membagi sahamnya dalam rasio 50:1 pada kuartal pertama 2018, hanya 260.000 investor ritel yang memiliki saham di perseroan. Namun kini jumlahnya melonjak hampir 20 kali lipat di tengah populernya investasi saham tahun lalu.

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

Bahkan pada akhir tahun 2020 hanya ada sekitar 3 juta pemegang saham Samsung, tetapi meningkat 2 juta orang pada kuartal pertama tahun 2021 karena keuntungan besar yang belum pernah terjadi sebelumnya dipercepat.

Proporsi investor ritel yang memegang saham Samsung naik dari 6,4 persen pada akhir tahun 2020 menjadi 9,6 persen pada akhir Maret 2021, bahkan melampaui National Pension Service, yang memiliki 8,9 persen saham dan kekuatan luar biasa pada pertemuan pemegang saham raksasa elektronik.

Choi Joon-sun dari Institut Hukum Bisnis Korea mengatakan, "Dari sudut pandang manajemen, Samsung telah mendapatkan sekutu yang dapat dipercaya untuk melindunginya dari tekanan luar dan pengawasan yang lebih ketat."

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)