home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sejarah Singkat Masjid Al Aqsa, Tempat Suci yang Jadi Titik Konflik Palestina dan Israel

Selasa, 11 Mei 2021 08:30 by muthiasp | 17174 hits
Sejarah Singkat Masjid Al Aqsa, Tempat Suci yang Jadi Titik Konflik Palestina dan Israel
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Masjid Al-Aqsa adalah situs suci penting dalam Islam, terletak di Kota Tua Yerusalem. Setelah Masjid al-Haram ('Masjid Agung' Mekah) dan Al-Masjid an-Nabawi ('Masjid Nabawi' di Madinah), Al-Aqsa adalah situs paling suci bagi umat Islam.

Kompleks Al-Aqsa yang lebih luas, sekitar 35 hektar, biasanya disebut sebagai al-Haram (tempat suci mulia) dan termasuk Kubah Batu. Dibangun sekitar empat abad lalu, Al-Aqsa diterjemahkan dari bahasa Arab ke bahasa Inggris sebagai "Masjid Terjauh".

Menurut Alquran, diyakini bahwa Nabi Muhammad melakukan perjalanan Isra Mi'raj dari Mekah ke Al-Aqsa. Serta sempat menjadi kiblat umat Islam sebelum dialihkan ke Ka'bah di Masjidil Haram.

“Dimuliakan-Nya [Allah] Yang telah membawa hamba-Nya untuk melakukan perjalanan pada malam hari dari Masjidil Haram ke Al Masjid Al Aqsa, yang lingkungannya Kami berkati, agar Kami dapat menunjukkan kepadanya beberapa dari Tanda-tanda kami. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar, Semua Yang Melihat,”bunyi Surah Isra (17:1) di Alquran.

Bagi orang Yahudi, dianggap tempat suci yang disebut sebagai Temple Mount, yakni area bertembok yang berasal dari zaman Kuil Yahudi Kedua, yang dibangun pada akhir abad pertama SM.

Baca juga: Melihat Konflik Panas Penyerangan Masjid Al Aqsa Palestina Oleh Israel

Orang Yahudi percaya bahwa tembok ini dibangun di sekitar puncak Gunung Moria tempat Abraham mempersembahkan Ishak, putranya sebagai korban.

Awalnya dibangun sebagai rumah salat kecil, masjid ini dibangun kembali oleh khalifah Umayyah Abd al-Malik pada tahun 705 M. Setelah gempa bumi dibangun kembali pada tahun 746, kemudian pada tahun 1033 dan banyak penambahan dilakukan oleh dinasti yang berkuasa di Kekhalifahan Islam.

Setelah Perang Salib, masjid ini direbut kembali oleh Saladin, sultan pertama Mesir dan Suriah, pada tahun 1187. Masjid tersebut mengalami renovasi di bawah berbagai dinasti, termasuk kekaisaran Ottoman, Dewan Muslim Tertinggi, dan Yordania.

Meskipun Kota Tua Yerusalem berada di bawah kendali Israel, masjid tetap di bawah administrasi Wakaf Islam yang dipimpin Yordania dan Palestina sejak 1967. Wakaf adalah kepercayaan religius yang mengelola situs sejarah Islam di sekitar Temple Mount di Yerusalem.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)