home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tradisi Mudik Sudah Ada Sejak Era Majapahit? Ini Kata Sejarawan

Sabtu, 08 Mei 2021 12:20 by Rie127 | 599 hits
Tradisi Mudik Sudah Ada Sejak Era Majapahit? Ini Kata Sejarawan
Image Source: Okezone

DREAMERS.ID - Mudik memang telah menjadi tradisi yang selalu ditunggu ketika lebaran tiba, dimana para umat Muslim pulang ke kampung halamannya untuk bertemu dengan keluarga besar dan bermaaf-maafan.

Namun, sejak kapan tradisi mudik ini mulai diterapkan? Sejarawan JJ Rizal mengatakan, kata ‘mudik’ berasal dari kata ‘udik’ yang artinya desa atau kampung. Mereka yang berada di tempat jauh akan kembali ke kampung halamannya untuk bersilahturami.

Akan tetapi, mengenai asal mula tradisi mudik, Rizal tidak bisa memastikan kapan terjadinya. Ia mengungkapkan, hingga kini belum ada data atau literatur yang menyatakan waktu pasti dimulainya tradisi mudik.

Ketika ditanya adanya penjelasan tradisi mudik sudah berlangsung sejak zaman Kerajaan Majapahit di abad 1293–1500 masehi, ia langsung memberikan klarifikasi.

“Penelitian mengenai itu belum ada. Saya sendiri tidak tahu ya. Ini butuh penelitian yang serius, tidak bisa menerka-nerka, supaya bisa memberikan pengetahuan yang benar ke masyarakat,” katanya dikutip dari Okezone.

Sayangnya, sejak pandemi virus corona pemerintah mulai menerapkan pelarangan mudik untuk menekan angka kasus virus corona. Jadi, harus ditahan rasa kangennya demi kesehatan masing-masing ya, Dreamers!

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)