home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tradisi Mudik Sudah Ada Sejak Era Majapahit? Ini Kata Sejarawan

Sabtu, 08 Mei 2021 12:20 by Rie127 | 552 hits
Tradisi Mudik Sudah Ada Sejak Era Majapahit? Ini Kata Sejarawan
Image Source: Okezone

DREAMERS.ID - Mudik memang telah menjadi tradisi yang selalu ditunggu ketika lebaran tiba, dimana para umat Muslim pulang ke kampung halamannya untuk bertemu dengan keluarga besar dan bermaaf-maafan.

Namun, sejak kapan tradisi mudik ini mulai diterapkan? Sejarawan JJ Rizal mengatakan, kata ‘mudik’ berasal dari kata ‘udik’ yang artinya desa atau kampung. Mereka yang berada di tempat jauh akan kembali ke kampung halamannya untuk bersilahturami.

Akan tetapi, mengenai asal mula tradisi mudik, Rizal tidak bisa memastikan kapan terjadinya. Ia mengungkapkan, hingga kini belum ada data atau literatur yang menyatakan waktu pasti dimulainya tradisi mudik.

Ketika ditanya adanya penjelasan tradisi mudik sudah berlangsung sejak zaman Kerajaan Majapahit di abad 1293–1500 masehi, ia langsung memberikan klarifikasi.

“Penelitian mengenai itu belum ada. Saya sendiri tidak tahu ya. Ini butuh penelitian yang serius, tidak bisa menerka-nerka, supaya bisa memberikan pengetahuan yang benar ke masyarakat,” katanya dikutip dari Okezone.

Sayangnya, sejak pandemi virus corona pemerintah mulai menerapkan pelarangan mudik untuk menekan angka kasus virus corona. Jadi, harus ditahan rasa kangennya demi kesehatan masing-masing ya, Dreamers!

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Rumah semi basement atau 'banjiha' dalam bahasa Korea, merupakan tempat tinggal yang dibangun setengah di bawah permukaan tanah. Banjiha kembali menjadi sorotan karena ironi dari bencana banjir bandang Seoul awal pekan ini, yang menelan korban meninggal dunia....
  • HOT !
    Bahasa Korea kian digemari oleh banyak kalangan, mulai dari anak anak hingga dewasa. Di Korea Selatan sendiri, banyak universitas yang membuka kelas singkat untuk mereka yang ingin belajar langsung bahasa Korea di sana....
  • HOT !
    Netizen tanah air dihebohkan dengan kabar bahwa artis Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week di bawah nama perusahaannya PT. Tiger Wong Entertainment....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : pawpetclinic
Cast : vaksin anjing mulyosari

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)