home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

SM dan YG Entertainment Lengser dari Agensi Teratas di Korea, Bagaimana JYP?

Kamis, 06 Mei 2021 16:00 by muthiasp | 741 hits
SM dan YG Entertainment Lengser dari Agensi Teratas di Korea, Bagaimana JYP?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pada 4 Mei, Korea Exchange mengumumkan bahwa SM Entertainment dan YG Entertainment statusnya menurun dari perusahaan blue-chip menjadi bisnis menengah biasa karena kinerja, yang dinilai buruk dan meningkatnya kerugian ekuitas.

SM Entertainment diturunkan pangkatnya 13 tahun setelah dipromosikan pada Maret 2008, dan YG Entertainment lengser setelah 8 tahun lalu dipromosikan pada April 2013. Korea Exchange pun mengungkapkan statistic penurunan yang dialami oleh kedua agensi raksasa tersebut.

Menurut kriteria pemilihan Korea Exchange, perusahaan dapat dipromosikan ke level blue-chip jika mereka memiliki modal ekuitas lebih dari ₩ 70,0 miliar KRW dan kapitalisasi pasar rata-rata harus lebih dari ₩ 100 miliar KRW selama enam bulan terakhir.

Juga tidak boleh ada penurunan nilai modal, atau ketika total modal perusahaan kurang dari nilai nominal sahamnya. Akhirnya, perusahaan harus mempertahankan pengembalian rata-rata ekuitas (ROE) sebesar 5%, laba bersih minimal ₩ 3,00 miliar KRW dan penjualan lebih dari ₩ 50,0 miliar KRW, semuanya selama tiga tahun terakhir.

Baca juga: Terungkap Alasan Lee Soo Man Tolak Sahamnya Dibeli HYBE

Berdasarkan akhir tahun 2020, SM Entertainment memiliki total modal ekuitas ₩ 608 miliar KRW dan YG Entertainment ₩ 431 miliar KRW, jauh di atas persyaratan. Rata-rata penjualan tiga tahun mereka juga jauh di atas persyaratan, dengan SM Entertainment mencatatkan ₩ 617 miliar KRW dan YG Entertainment ₩ 259 miliar KRW.

Baik SM Entertainment dan YG Entertainment laba bersih dan ROE-nya menurun tajam. Selama tiga tahun terakhir, SM Entertainment rata-rata mengalami kerugian tahunan sebesar ₩ 24,4 miliar KRW, sementara YG Entertainment ₩ 1,80 miliar KRW. ROE SM Entertainment adalah -3,8% per tahun, dan ROE YG Entertainment -0,5%.

Tahun 2020 adalah salah satu tahun terburuk SM Entertainment dalam catatan, dengan kerugian bersih ₩ 80,3 miliar KRW, terutama karena efek pandemi virus corona. YG Entertainment memang mencatat laba bersih pada tahun 2020, dan mendapat untung ₩ 3,20 miliar KRW, namun kerugian mereka dari 2019 membawa rata-rata di atas ₩ 1,80 miliar KRW.

Dari agensi “Big 3”, JYP Entertainment adalah satu-satunya yang tetap menjadi perusahaan blue-chip. Meskipun JYP Entertainment memiliki rata-rata penjualan terendah (₩ 142 miliar KRW), rata-rata laba bersih tiga tahun mereka adalah ₩ 28,4 miliar KRW. Selama waktu yang sama, ROE untuk JYP Entertainment adalah 18,0%.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Politisi muda Korea Selatan, Ryu Ho Jung dari Partai Keadilan beberapa kali menjadi perbincangan publik. Baru baru ini, ia menuai kontroversi lantaran menggunakan foto foto Jungkook BTS dalam pengumuman berita penyusunan Undang Undang Tato....
  • HOT !
    Sungai Han atau Hangang tidak hanya menawarkan pemandangan indah, tetapi justru fakta mengejutkan baru saja terkuak dari hasil penelitian kandungan dalam air yang mengalir di sepanjang sungai....
  • HOT !
    Seorang mahasiswa kedokteran berusia 22 tahun bernama Son Jung Min ditemukan tewas di Sungai Han pada hari Jumat (30/4) setelah hilang selama enam hari, dan keluarganya sedang menunggu hasil otopsi untuk mengetahui bagaimana dia meninggal. Teman yang saat itu bersamanya dicurigai sebagai pelaku....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : kradmisaki
Cast : petclinic di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)