home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Larangan Buka Puasa Bersama Ditiadakan, Digantikan Dengan Syarat Ini

Rabu, 05 Mei 2021 12:10 by Rie127 | 349 hits
Larangan Buka Puasa Bersama Ditiadakan, Digantikan Dengan Syarat Ini
Image Source: Woman Talk

DREAMERS.ID - Pada Selasa (04/05), Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian merevisi surat edaran tentang larangan buka bersama saat Ramadan dan halal bihalal saat Idul Fitri 1442 Hijriah. Pada Surat Edaran Mendagri Nomor 800/2794/SJ, Tito tidak lagi melarang adanya acara buka bersama.

Ia hanya mengganti diksi pelarangan jadi pembatasan. “Melakukan pembatasan kegiatan buka puasa bersama tidak melebihi dari jumlah keluarga inti ditambah 5 (lima) orang selama Bulan Ramadan 1442 H/Tahun 2022,” bunyi angka 1 huruf a SE Mendagri Nomor 800/2794/SJ, dikutip dari CNN Indonesia.

Dalam surat itu, Tito melarang seluruh pejabat atau ASN di pemerintahan daerah melakukan open house atau halal bihalal saat Idul Fitri. Larangan itu tetap sama dengan yang tercantum dalam Surat Edaran Mendagri Nomor 800/2784/SJ.

Baca juga: Mandi Keramas di Siang Hari Apakah Batalkan Puasa? Ini Penjelasannya

Ia juga mencantumkan alasan pembatasan dua kegiatan itu, yang kembali merujuk pada pengalaman lonjakan kasus COVID-19 tahun lalu. Hal ini dilakukan agar angka kasus tidak melonjak naik dan dapat ditekan lebih awal.

“Mencermati terjadinya peningkatan kasus penularan Covid-19 khususnya pada perayaan Idul Fitri 1441 H/Tahun 2020 yang lalu serta pascalibur Natal dan Tahun Baru 2021, perlu dilakukan antisipasi pelaksanaan kegiatan selama bulan Ramadan 1442 H/Tahun 2021 dan menjelang perayaan, saat, dan pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021,” bunyi surat tersebut.

Tito menambahkan satu poin aturan baru dalam surat edaran yang terbit hari ini. Poin tersebut menjelaskan SE Mendagri Nomor 450/2769/SJ dan SE Mendagri Nomor 800/2794/SJ dicabut dan dinyatakan tidak berlaku saat surat edaran ini ditandatangani.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Pemegang KTP DKI Jakarta berusia 18 tahun ke atas disetujui oleh Kementerian Kesehatan RI untuk mendapatkan vaksin COVID 19 sebagai bagian dari vaksinasi tahap ketiga. Kelompok ini akan mendapatkan vaksin AstraZeneca....
  • HOT !
    Sudah digempur habis habisan oleh Israel selama puluhan tahun, Palestina terus berjuang mendapatkan pengakuan kemerdekaannya dari berbagai negara. Setidaknya ada 55 negara yang masih belum mengakui kedaulatan mereka....
  • HOT !
    Mudik memang telah menjadi tradisi yang selalu ditunggu ketika lebaran tiba, dimana para umat Muslim pulang ke kampung halamannya untuk bertemu dengan keluarga besar dan bermaaf maafan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)