home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Larangan Buka Puasa Bersama Ditiadakan, Digantikan Dengan Syarat Ini

Rabu, 05 Mei 2021 12:10 by Rie127 | 394 hits
Larangan Buka Puasa Bersama Ditiadakan, Digantikan Dengan Syarat Ini
Image Source: Woman Talk

DREAMERS.ID - Pada Selasa (04/05), Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian merevisi surat edaran tentang larangan buka bersama saat Ramadan dan halal bihalal saat Idul Fitri 1442 Hijriah. Pada Surat Edaran Mendagri Nomor 800/2794/SJ, Tito tidak lagi melarang adanya acara buka bersama.

Ia hanya mengganti diksi pelarangan jadi pembatasan. “Melakukan pembatasan kegiatan buka puasa bersama tidak melebihi dari jumlah keluarga inti ditambah 5 (lima) orang selama Bulan Ramadan 1442 H/Tahun 2022,” bunyi angka 1 huruf a SE Mendagri Nomor 800/2794/SJ, dikutip dari CNN Indonesia.

Dalam surat itu, Tito melarang seluruh pejabat atau ASN di pemerintahan daerah melakukan open house atau halal bihalal saat Idul Fitri. Larangan itu tetap sama dengan yang tercantum dalam Surat Edaran Mendagri Nomor 800/2784/SJ.

Baca juga: Rekomendasi Tayangan Netflix Selama Ramadhan

Ia juga mencantumkan alasan pembatasan dua kegiatan itu, yang kembali merujuk pada pengalaman lonjakan kasus COVID-19 tahun lalu. Hal ini dilakukan agar angka kasus tidak melonjak naik dan dapat ditekan lebih awal.

“Mencermati terjadinya peningkatan kasus penularan Covid-19 khususnya pada perayaan Idul Fitri 1441 H/Tahun 2020 yang lalu serta pascalibur Natal dan Tahun Baru 2021, perlu dilakukan antisipasi pelaksanaan kegiatan selama bulan Ramadan 1442 H/Tahun 2021 dan menjelang perayaan, saat, dan pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021,” bunyi surat tersebut.

Tito menambahkan satu poin aturan baru dalam surat edaran yang terbit hari ini. Poin tersebut menjelaskan SE Mendagri Nomor 450/2769/SJ dan SE Mendagri Nomor 800/2794/SJ dicabut dan dinyatakan tidak berlaku saat surat edaran ini ditandatangani.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
      Drama 'Extraordinary Attorney Woo' sukses mencuri perhatian global. Bersamaan dengan berbagai pujian yang diterimanya, drama yang mengangkat kisah pengacara autis pertama di Korea itu juga tidak lepas dari kritikan....
  • HOT !
    Netizen tanah air dihebohkan dengan kabar bahwa artis Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week di bawah nama perusahaannya PT. Tiger Wong Entertainment....
  • HOT !
    Jika di hari kemarin, Selasa (5/7) pemerintah meningkatkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jabodetabek ke level dua, kini kembali lagi ke level satu per hari Rabu (6/7) ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)