home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Intip Tips Jalani Puasa Ketika Lupa Sahur Agar Tidak Loyo

Selasa, 04 Mei 2021 13:20 by Rie127 | 498 hits
Intip Tips Jalani Puasa Ketika Lupa Sahur Agar Tidak Loyo
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - Memasuki awal puasa biasanya menjadi hari yang penuh tantangan, dimana para umat Muslim harus bangun lebih pagi untuk sahur sebelum menjalani puasa seharian. Tidak jarang ada yang bangun kesiangan sehingga melewati waktu sahur.

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut ini merupakan tips menjalani puasa ketika lupa sahur agar kalian dapat menjalani hari dengan semangat sampai berbuka.

1. Tetap tenang


Image Source: Sociolla

Usahakan jangan panik ketika melihat waktu sahur telah habis, dan jangan merasa menyesal karena akan memunculkan energi negatif dan kurang semangat, yang pada akhirnya berdampak pada produktivitas. Tetap tenang dan selalu bersyukur.

2. Buat Aktivitas

Dikutip dari Metro UK, menulis aktivitas prioritas dapat membantu untuk menghemat waktu dan tenaga serta tidak mengerjakan hal-hal yang bukan menjadi prioritas. Saat berpuasa, menyelesaikan banyak hal yang berat sekaligus akan terasa lebih berat.

3. Perbanyak Berdoa dan Beribadah


Image Source: IDN Times

Bulan suci Ramadan mengajak umat Islam untuk memperbanyak doa dan beribadah. Saat memiliki waktu luang, isi dengan ibadah, seperti membaca Alquran, zikir, dan doa selepas salat. Ibadah pun bisa berwujud sedekah, itikaf di masjid dengan protokol kesehatan ketat, maupun menunaikan ibadah salat sunah.

Baca juga: Shin Tae Yong Berencana Diskusi dengan Pemimpin Agama Berharap Pemain Tidak Berpuasa Jelang Laga

4. Luangkan Waktu untuk Istirahat


Image Source: Tribun News

Menjelang siang hari, biasanya tubuh perlu untuk beristirahat setelah melakukan aktivitas di pagi hari. bahkan kerap mulai merasa lapar. Istirahatkan tubuh kamu dari segala aktivitas, dan cobalah untuk membuat pikiran tenang kembali.

5. Tidur Siang


Image Source: Halodoc

Tidur siang dapat menjadi solusi untuk mengistirahatkan tubuh dan mengisi ulang energi. Tidak perlu berlama-lama, cukup 15-20 menit sudah dapat menenangkan saraf, meningkatkan semangat dan konsentrasi, juga mengurangi risiko serangan jantung.

6. Meditasi


Image Source: Grid

Jika sulit untuk tidur, cobalah untuk melakukan meditasi, untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. Meditasi tidak selalu dengan duduk tenang dan suasana sepi. Meditasi paling mudah dengan latihan pernapasan misal menarik napas selama tiga hitungan lalu diembuskan dalam enam hitungan dan dilakukan secara berulang.

7. Mengurangi Aktivitas Berat


Image Source: Halodoc

Kurangi aktivitas yang terlalu menguras tenaga saat berpuasa, jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas berat karena akan menguras energi dan membuat tubuh mengalami dehidrasi.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)