home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta-Fakta Tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402

Sabtu, 24 April 2021 20:15 by bellaevania | 772 hits
Fakta-Fakta Tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Masyarakat Indonesia tengah berduka atas musibah tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di perairan Bali sejak Rabu, 21 April 2021. Kapal selam tersebut membawa 53 orang kru. Berikut sejumlah fakta tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402:

Kapal Tua Buatan Jerman

KRI Nanggala merupakan kapal yang diresmikan pengunaannya oleh Menteri Pertahanan Keamanan/Panglima Angkatan Bersenjata Jenderal TNI Mohammad Jusuf pada tanggal 21 Oktober 1981 di Dermaga Ujung Surabaya. Kapal selam ini melakukan perbaikan pada 1989 di Jerman dan di Korea Selatan pada 2012.

Hilang Kontak Saat Latihan

KRI Nanggala hilang kontak setelah melakukan latihan penembakan torpedo di Laut Bali. TNI Angkatan Laut menyatakan Naggala meminta persetujuan pada pukul 03.00 WIB untuk menyelam dan menembakkan torpedo. Komunikasi terakhir dilakukan pukul 04.25 WIB. Dan dinyatakan hilang kontak pada pukul 04.30 WIB.

Oksigen Tersisa 72 Jam

Baca juga: Update Terbaru: Seluruh Awak KRI Nanggala 402 Dinyatakan Gugur

Pada 22 April, Laksamana Pertama Julius Widjojono mengatakan bahwa cadangan oksigen di Nanggala masih cukup untuk 72 jam. Terakhir hingga Sabtu, 24 April 2021 pada pukul 03.00 WITA.

Ditemukan Tumpahan Minyak dan Serpihan

Ditemukan puing-puing yang diyakini berasal dari Nanggala. Diantaranya pelurus tabung torpedo, pipa pendingin, botol berwarna oranye yang berfungsi untuk pelumasan naik turun kapal selam, alas yang dipakai ABK, serta spons.

Diduga Tenggelam di Kedalaman 800 Meter

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut status KRI Nanggala-402 menuju fase tenggelam atau sub-sink usai temuan serpihan, barang, serta tumpahan minyak. Saat ini Nanggala diduga berada di kedalaman 850 meter, jauh di bawah kedalaman operasi maksimumnya yakni 500 meter.

(bef

Komentar
  • HOT !
    Mudik memang telah menjadi tradisi yang selalu ditunggu ketika lebaran tiba, dimana para umat Muslim pulang ke kampung halamannya untuk bertemu dengan keluarga besar dan bermaaf maafan....
  • HOT !
    Korea Selatan kini menjadi negara dengan angka kelahiran terendah di dunia. Hal itu dibarengi dengan kebanyakan anak mudanya yang memiliki pemikiran bahwa pernikahan tidak lah penting, berdasarkan hasil survei yang dilakukan pemerintah setempat....
  • HOT !
    Saat ini seluruh umat Muslim diseluruh dunia sedang menjalani ibadah puasa Ramadhan 1442 H, dimana mereka harus menahan rasa lapar, haus, dan nafsu. Namun bolehkan umat Muslim untuk menangis?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)