home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Tradisi Puasa di Korea Selatan yang Tidak Dilakukan Saat Ini

Sabtu, 24 April 2021 14:00 by muthiasp | 436 hits
5 Tradisi Puasa di Korea Selatan yang Tidak Dilakukan Saat Ini
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pertumbuhan umat muslim di Korea Selatan cukup pesat selama beberapa tahun belakangan. Korsel pun menjadi salah satu negara muslim friendly yang kerap menggelar acara spesial ketika bulan ramadhan atau puasa.

Sayangnya akibat pandemi COVID-19, ada beberapa tradisi yang biasanya dilakukan di Korea Selatan harus absen selama dua tahun ini.

Bukber di Masjid Seoul Central

Masjid Seoul Central merupakan masjid terbesar di Korea Selatan yang menjadi pusat pendidikan dan kegiatan agama Islam di sana. Biasanya, pihak masjid akan mengadakan buka puasa bersama yang dihadiri ratusan jamaah.

Bukber di Kedutaan Besar

Kedutaan besar negara-negara muslim, termasuk Indonesia, juga tidak lupa memanjakan warga negaranya yang tinggal di Korea. Biasanya, mereka mengadakan buka puasa bersama dengan menyajikan menu khas negara masing-masing.

Baca juga: Mandi Keramas di Siang Hari Apakah Batalkan Puasa? Ini Penjelasannya

Buka Bersama Menteri Korea

Juga sudah menjadi rutinitas setiap tahun bagi Menteri Luar Negeri Korea Selatan untuk menggelar buka puasa bersama di kediamannya. Biasanya, ia akan mengundang perwakilan negara-negara muslim. Sayangnya, sudah dua tahun ini tidak terlaksana.

Tarawih Bersama

Setiap tahun sebelum pandemi COVID-19, kegiatan tarawih dengan ratusan jamaah dilaksanakan di masjid Seoul. Banyak muslim dari penjuru Korea yang rela jauh-jauh ke sana untuk tarawih bersama. Berbeda sejak pandemi, pemerinta Korsel melarang kegiatan tawarih dengan jamaah banyak. Begitu pula sholat ied, yang kemungkinan besar tidak dilakukan lagi di masjid Seoul tahun ini.

Bukber Teman Senegara

Pemerintah Korea Selatan membatasi perkumpulan maksimal 5 orang di saat pandemi COVID-19 ini. Sehingga kegiatan buka puasa bersama dengan teman senegara yang sama-sama merantau tidak bisa dilakukan dalam jumlah besar di rumah maupun di restoran.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Berdasarkan data yang terus dirilis seiring perkembangan virus COVID 19 atau corona di Indonesia, kini kasus kasus di Tanah Air diklaim lebih baik dibanding sejumlah negara tetangga. Para pakar pun menyebut jika hal ini disebabkan oleh imunitas alami dan imunitas dari vaksin....
  • HOT !
    Pada Kamis (7/10), pengadilan telah memutuskan untuk mendukung seorang tentara transgender yang telah meninggal dalam gugatan yang diajukan agar keputusan Angkatan Darat untuk mengeluarkan tertara tersebut dicabut....
  • HOT !
    Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata mengklarifikasi laporan yang menyatakan bahwa pemerintah Korea Selatan tidak menanggung biaya untuk kegiatan BTS sebagai utusan khusus Presiden Moon Jae In di New York....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)