home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Tradisi Puasa di Korea Selatan yang Tidak Dilakukan Saat Ini

Sabtu, 24 April 2021 14:00 by muthiasp | 564 hits
5 Tradisi Puasa di Korea Selatan yang Tidak Dilakukan Saat Ini
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pertumbuhan umat muslim di Korea Selatan cukup pesat selama beberapa tahun belakangan. Korsel pun menjadi salah satu negara muslim friendly yang kerap menggelar acara spesial ketika bulan ramadhan atau puasa.

Sayangnya akibat pandemi COVID-19, ada beberapa tradisi yang biasanya dilakukan di Korea Selatan harus absen selama dua tahun ini.

Bukber di Masjid Seoul Central

Masjid Seoul Central merupakan masjid terbesar di Korea Selatan yang menjadi pusat pendidikan dan kegiatan agama Islam di sana. Biasanya, pihak masjid akan mengadakan buka puasa bersama yang dihadiri ratusan jamaah.

Bukber di Kedutaan Besar

Kedutaan besar negara-negara muslim, termasuk Indonesia, juga tidak lupa memanjakan warga negaranya yang tinggal di Korea. Biasanya, mereka mengadakan buka puasa bersama dengan menyajikan menu khas negara masing-masing.

Baca juga: Shin Tae Yong Berencana Diskusi dengan Pemimpin Agama Berharap Pemain Tidak Berpuasa Jelang Laga

Buka Bersama Menteri Korea

Juga sudah menjadi rutinitas setiap tahun bagi Menteri Luar Negeri Korea Selatan untuk menggelar buka puasa bersama di kediamannya. Biasanya, ia akan mengundang perwakilan negara-negara muslim. Sayangnya, sudah dua tahun ini tidak terlaksana.

Tarawih Bersama

Setiap tahun sebelum pandemi COVID-19, kegiatan tarawih dengan ratusan jamaah dilaksanakan di masjid Seoul. Banyak muslim dari penjuru Korea yang rela jauh-jauh ke sana untuk tarawih bersama. Berbeda sejak pandemi, pemerinta Korsel melarang kegiatan tawarih dengan jamaah banyak. Begitu pula sholat ied, yang kemungkinan besar tidak dilakukan lagi di masjid Seoul tahun ini.

Bukber Teman Senegara

Pemerintah Korea Selatan membatasi perkumpulan maksimal 5 orang di saat pandemi COVID-19 ini. Sehingga kegiatan buka puasa bersama dengan teman senegara yang sama-sama merantau tidak bisa dilakukan dalam jumlah besar di rumah maupun di restoran.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)