home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Angka Kelahiran Korea Selatan Terendah di Dunia

Selasa, 20 April 2021 04:35 by muthiasp | 392 hits
Angka Kelahiran Korea Selatan Terendah di Dunia
Image source: Pinterest

DREAMERS.ID - Korea Selatan maju dalam bidang teknologi, namun harus mendapat predikat sebagai negara dengan angka kelahiran terendah di dunia tahun ini, di tengah pertumbuhan cepat populasi lansia berdasarkan laporan PBB.

Tingkat kesuburan total negara itu per wanita berjumlah 1,1 pada 2021, tidak berubah dari tahun sebelumnya, menurut laporan dari Dana Kependudukan PBB (UNFPA). Tingkat kesuburan mengacu pada jumlah rata-rata anak yang diharapkan setiap wanita lahirkan selama hidupnya.

Angka kelahiran Korea Selatan adalah yang terendah di antara 198 negara yang disurvei dan jauh lebih rendah dari rata-rata global 2,4, menurut UNFPA.

"Meskipun negara ini terus mengalami tingkat kelahiran yang rendah sementara populasi menua dengan cepat, proporsi penduduknya yang berusia antara 0-14 tahun mencapai 12,3 persen, yang sama dengan Jepang dan sekitar setengah dari rata-rata global 25,3 persen," kata UNFPA.

Baca juga: Misteri Kematian Mahasiswa Korea di Sungai Han, Teman Dicurigai Sebagai Pelaku

Tidak ada negara yang memiliki proporsi populasi muda yang lebih kecil daripada Korea Selatan dan Jepang. Proporsi orang di atas 65 tahun mencapai 16,6 persen dari keseluruhan populasi Korea Selatan, naik tajam dari 15,8 persen tahun sebelumnya.

Secara global, orang berusia 65 tahun ke atas hanya menempati 9,5 persen dari total populasi, mencapai sekitar 7,87 miliar. Orang Korea Selatan memiliki harapan hidup 83 tahun, tertinggi ke-11 di dunia.

Sementara laki-laki Korea Selatan memiliki harapan hidup 80 tahun, perempuan Korea Selatan bisa berharap untuk hidup selama 86 tahun. Populasi keseluruhan Korea Selatan saat ini mencapai 51,3 juta, sedangkan Korea Utara 25,9 juta.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Mudik memang telah menjadi tradisi yang selalu ditunggu ketika lebaran tiba, dimana para umat Muslim pulang ke kampung halamannya untuk bertemu dengan keluarga besar dan bermaaf maafan....
  • HOT !
    Korea Selatan kini menjadi negara dengan angka kelahiran terendah di dunia. Hal itu dibarengi dengan kebanyakan anak mudanya yang memiliki pemikiran bahwa pernikahan tidak lah penting, berdasarkan hasil survei yang dilakukan pemerintah setempat....
  • HOT !
    Saat ini seluruh umat Muslim diseluruh dunia sedang menjalani ibadah puasa Ramadhan 1442 H, dimana mereka harus menahan rasa lapar, haus, dan nafsu. Namun bolehkan umat Muslim untuk menangis?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)