home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mantan Tentara Transgender Pertama Korea Ditemukan Tewas

Kamis, 04 Maret 2021 11:30 by fzhchyn | 922 hits
Mantan Tentara Transgender Pertama Korea Ditemukan Tewas
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Byun Hee Soo, mantan tentara transgender berusia 23 tahun yang diberhentikan secara paksa dari Angkatan Darat tahun lalu, ditemukan tewas di rumahnya, kata polisi pada Rabu (3/3).

Seorang penasihat kesehatan mental di lingkungannya di Cheongju, menelepon 119 untuk melaporkan bahwa Byun tidak dapat dihubungi sejak 28 Februari, dan petugas pemadam kebakaran menemukannya tewas di rumahnya pada pukul 17:49, menurut petugas polisi.

Klinik perawatan kesehatan mental setempat mengatakan bahwa Byun mencoba bunuh diri tiga bulan lalu. Namun tidak ada catatan bunuh diri yang ditemukan, dan polisi sedang menyelidiki penyebab kematiannya.

Sebelumnya pada Januari tahun lalu, Angkatan Darat membuat keputusan pemecatan setelah menilai bahwa kehilangan alat kelamin laki-laki pada Byun merupakan golongan cacat fisik Level 3 di bawah undang-undang militer.

Baca juga: Mendiang Prajurit Transgender Menangkan Putusan Pengadilan Atas Pemecatan Paksa dari Tentara Korea

Pada bulan Juli, Angkatan Darat menolak petisi Byun untuk dipekerjakan kembali. Dia mengajukan gugatan administratif terhadap keputusan Angkatan Darat pada bulan berikutnya, dengan alasan bahwa itu tidak konstitusional.

Kemudian pada bulan Desember, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Korea (NHRCK) mengatakan bahwa keputusan Angkatan Darat untuk tidak mengizinkan Byun, yang saat itu menjadi staf sersan, untuk terus bertugas di militer sebagai tentara wanita tidak memiliki dasar hukum.

Pendapat NHRCK muncul setelah Pusat Hak Asasi Manusia Militer Korea, sebuah kelompok sipil, mengajukan petisi yang menuduh pelepasan paksa militer Byun adalah diskriminasi terhadap orang transgender. Kasus Byun menarik perhatian luas karena dia adalah tentara aktif Korea Selatan pertama yang menjalani operasi penggantian kelamin saat bertugas.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)