home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mantan Tentara Transgender Pertama Korea Ditemukan Tewas

Kamis, 04 Maret 2021 11:30 by fzhchyn | 845 hits
Mantan Tentara Transgender Pertama Korea Ditemukan Tewas
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Byun Hee Soo, mantan tentara transgender berusia 23 tahun yang diberhentikan secara paksa dari Angkatan Darat tahun lalu, ditemukan tewas di rumahnya, kata polisi pada Rabu (3/3).

Seorang penasihat kesehatan mental di lingkungannya di Cheongju, menelepon 119 untuk melaporkan bahwa Byun tidak dapat dihubungi sejak 28 Februari, dan petugas pemadam kebakaran menemukannya tewas di rumahnya pada pukul 17:49, menurut petugas polisi.

Klinik perawatan kesehatan mental setempat mengatakan bahwa Byun mencoba bunuh diri tiga bulan lalu. Namun tidak ada catatan bunuh diri yang ditemukan, dan polisi sedang menyelidiki penyebab kematiannya.

Sebelumnya pada Januari tahun lalu, Angkatan Darat membuat keputusan pemecatan setelah menilai bahwa kehilangan alat kelamin laki-laki pada Byun merupakan golongan cacat fisik Level 3 di bawah undang-undang militer.

Baca juga: Mendiang Prajurit Transgender Menangkan Putusan Pengadilan Atas Pemecatan Paksa dari Tentara Korea

Pada bulan Juli, Angkatan Darat menolak petisi Byun untuk dipekerjakan kembali. Dia mengajukan gugatan administratif terhadap keputusan Angkatan Darat pada bulan berikutnya, dengan alasan bahwa itu tidak konstitusional.

Kemudian pada bulan Desember, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Korea (NHRCK) mengatakan bahwa keputusan Angkatan Darat untuk tidak mengizinkan Byun, yang saat itu menjadi staf sersan, untuk terus bertugas di militer sebagai tentara wanita tidak memiliki dasar hukum.

Pendapat NHRCK muncul setelah Pusat Hak Asasi Manusia Militer Korea, sebuah kelompok sipil, mengajukan petisi yang menuduh pelepasan paksa militer Byun adalah diskriminasi terhadap orang transgender. Kasus Byun menarik perhatian luas karena dia adalah tentara aktif Korea Selatan pertama yang menjalani operasi penggantian kelamin saat bertugas.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pelik dan viralnya kasus selebgram Rachel Vennya yang kabur dari proses karantina usai bepergian ke Amerika Serikat semakin bergulir panjang. Hari ini, ibu dua anak itu menyambangi Polda Metro Jaya untuk memenuhi panggilan dan menjalani proses penyelidikan....
  • HOT !
     Seiring berkembangnya peraturan dan pilihan, fleksibilitas kegiatan vaksinasi COVID 19 pun makin beragam dan memudahkan. Kini, warga Indonesia yang memiliki KTP Non DKI sudah bisa vaksin Di Jakarta dengan vaksin merek apa pun! Dan perlu dicatat, Vaksin ini hanya berlaku untuk dosis vaksin pertama dan kedua....
  • HOT !
    Terlepas dari permukaan air laut yang naik, laut Jakarta juga tengah menghadapi fakta adanya pencemaran paracetamol. Seberapa bahaya cemaran kandungan obat tersebut bagi warga maupun hewan sekitar?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)