home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tekan Penularan, Korea Selatan Akan Terapkan 'Social Bubble' Adaptasi Selandia Baru

Rabu, 24 Februari 2021 07:20 by muthiasp | 570 hits
Tekan Penularan, Korea Selatan Akan Terapkan 'Social Bubble' Adaptasi Selandia Baru
Image source: nbcnews

DREAMERS.ID - Kementerian Kesehatan Korea Selatan berencana memberikan lebih banyak kebebasan untuk bisnis, sambil membatasi perilaku orang lebih ketat, untuk memerangi COVID-19. Dan sebaliknya, aktivitas seperti perjalanan, pertemuan, dan tamasya akan tunduk pada kontrol yang lebih ketat.

Pemerintah juga berencana untuk memperkenalkan larangan pertemuan yang lebih diperketat yang meniru model "social bubble" atau gelembung sosial dari Selandia Baru, di mana hanya kelompok eksklusif yang terdiri hingga 10 orang yang diizinkan untuk bertemu satu sama lain.

Pendekatan social bubble telah diklaim membantu Selandia Baru berhasil mengendalikan penyebaran infeksi, dengan tingkat kematian rendah.

Mengutip Kompas, seperti halnya yang telah diterapkan di New Zealand, setiap orang dengan social bubble harus menentukan siapa orang yang ingin ditemui. Kelompok ini pun harus terus menjadi satu. Sisi positifnya, mereka juga dengan bebas beraktivitas di luar rumah.

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

"Ranah interaksi sosial setiap orang akan terbatas pada orang-orang yang tinggal dengan mereka atau harus menjaga kontak reguler," kata Son. “Jika Anda bisa melakukan telecommute, social bubble Anda akan menyertakan rekan kerja Anda, misalnya," melansir Korea Herald.

Dia mengatakan social bubble akan digunakan di bawah tingkatan jarak sosial yang lebih ketat. “Anda tidak harus menjauhi orang-orang yang termasuk dalam social bubble, tetapi harus menghindari bergaul dengan siapa pun di luar bubble.”

Pembaruan yang akan segera terjadi dimaksudkan untuk mengurangi kerusakan ekonomi dari tindakan pandemi. “Beban social distancing harus ditanggung oleh seluruh lapisan masyarakat, bukan sektor tertentu,” ujarnya.

Kementerian Kesehatan menyadari bahwa cara kerja jarak sosial di Korea selama setahun terakhir telah menyebabkan bisnis kecil menderita tanpa kompensasi yang adil. Meski akan ada lebih banyak tekanan pada orang untuk menahan diri dari sosialisasi, berapa banyak peraturan yang akan menjadi wajib masih harus diputuskan.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)