home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menilik Skema Pembagian Vaksin COVID-19 Gratis di Korsel, Target Herd Immunity per November

Jumat, 29 Januari 2021 14:15 by muthiasp | 468 hits
Menilik Skema Pembagian Vaksin COVID-19 Gratis di Korsel, Target Herd Immunity per November
Image source: Korea Herald

DREAMERS.ID - Pemerintah Korea Selatan pada hari Kamis mengumumkan rencana vaksinasi yang telah lama ditunggu-tunggu untuk publik, dengan peluncuran akan dimulai dalam beberapa minggu guna mewujudkan herd immunity per November 2021.

Dosis pertama akan ditawarkan kepada petugas kesehatan garis depan di wilayah Seoul, tempat wabah aktif telah terkonsentrasi, mulai bulan depan. Mulai Maret, orang dewasa yang lebih tua dan pekerja di panti jompo jangka panjang dan tempat berkumpul lainnya dan penanggap pertama, termasuk pelacak kontak, akan mendapatkan suntikan.

Berikutnya adalah orang dewasa berusia 65 tahun atau lebih, penghuni rumah kelompok dan personel perawatan kesehatan lainnya, yang dapat menerima suntikan mereka pada bulan Mei. Kemudian giliran pekerja penting seperti polisi, petugas pemadam kebakaran dan pendidik dan orang dewasa dengan kondisi medis di bulan Juli.

Beberapa kondisi medis berisiko tinggi yang sedang dipertimbangkan untuk vaksinasi prioritas adalah diabetes dan penyakit jantung dan paru-paru. Orang Korea yang berusia di bawah 50 dan sehat mungkin bisa mendapatkan suntikan mereka dalam beberapa bulan terakhir tahun ini.

Pemerintah berjanji bahwa semua warga Korea pada akhirnya akan divaksinasi secara bertahap kecuali untuk wanita hamil dan anak-anak di bawah 18 tahun, kecuali uji coba di masa mendatang menunjukkan hasil lain.

Berdasarkan rencana, 1,3 juta orang akan divaksinasi pada Maret, 9 juta oranh pada Juni, dan sisanya 33,25 juta orang pada bulan-bulan berikutnya. Dengan kata lain, lebih dari 75 persen vaksin akan didistribusikan pada paruh kedua tahun ini.

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

“Pemerintah bermaksud untuk melakukan vaksinasi COVID-19 sesuai rencana untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) pada November,” kata Komisaris Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Jung Eun-kyeong.

“Melalui vaksinasi kami berharap dapat mencapai dua hal: melindungi kesehatan dan kehidupan dan memulai perjalanan kembali ke normal," tambahnya.

Korea sejauh ini telah memperoleh vaksin untuk hingga 56 juta orang. Dari jumlah tersebut, dosis untuk 10 juta orang akan berasal dari AstraZeneca, 10 juta dari Pfizer, 20 juta dari Moderna, 6 juta dari Janssen dan 10 juta dari skema COVAX yang dipimpin WHO.

Kesepakatan ekstra dengan Novavax sedang diupayakan untuk mencakup sekitar 20 juta orang, dan mungkin lebih jika diperlukan vaksinasi lagi tahun depan.

Vaksin akan diberikan secara gratis untuk semua warga Korea dan warga asing, dengan dibiayai melalui Layanan Asuransi Kesehatan Nasional dan pendanaan pemerintah. Dan saat ini total setidaknya ada 76.926 orang terinfeksi COVID-19 di Korea, dan menyebabkan lebih dari 1.300 kematian.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)