home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hampir 50 Persen Wanita Korea Utara Pilih Menikahi Pria Korea Selatan

Rabu, 06 Januari 2021 14:45 by muthiasp | 34073 hits
Hampir 50 Persen Wanita Korea Utara Pilih Menikahi Pria Korea Selatan
Image source: tvN

DREAMERS.ID - Korea Selatan adalah rumah bagi sekitar 35.000 pembelot dari Korea Utara. Data lembaga pemerintah baru-baru ini mengungkapkan persentase hampir setengah pembelot punya pasangan asal Korea Selatan.

Menurut Statistics Korea dan Korea Hana Foundation dilansir dari laman Korea Herald (5/1), setidaknya 3 dari setiap 7 wanita pembelot Korea Utara yang menikah sebanyak 43,3 persen memiliki pasangan kelahiran Korea Selatan pada 2019.

Kelompok paling banyak berikutnya, 28,6 persen, menikah dengan pria kelahiran Cina. Hanya 27,4 persen wanita pembelot menikah dengan pembelot lain atau dengan pria yang masih tinggal di Korea Utara. Wanita menikah dengan pria berkebangsaan lain atau asing menyumbang 0,7 persen dari total.

Situasinya sangat berbeda untuk para pria pembelot Korea Utara. Dari pria yang sudah menikah, hampir 9 dari 10 atau 88,6 persen, menikah dengan pembelot Korea Utara lainnya atau dengan wanita yang masih tinggal di Utara.

Sementara 5,8 persen pria menikah dengan wanita kelahiran Cina, dan hanya 4 persen menikah dengan wanita kelahiran Korea Selatan. Sedangkan 1,7 persen lainnya memiliki pasangan dari negara lain atau asing.

Baca juga: Ketahuan Nonton Drakor 'Penthouse', Pemuda Korea Utara Dihukum 12 Tahun Kerja Paksa

Untuk pria dan wanita dari Korea Utara, 92,1 persen mengatakan pasangan mereka tinggal di Korea Selatan, sementara 4,3 persen tinggal di Korea Utara, 3,1 persen di China, dan 0,4 persen di tempat lain.

Sementara itu, data menunjukkan bahwa banyak dari para pembelot tersebut mengalami kesulitan mendapatkan posisi sebagai pegawai tetap di Korea Selatan. Dan gajinya dibawah rata-rata pendapatan orang Korsel.

Pada 2019, gaji bulanan rata-rata yang diperoleh di sini oleh orang-orang yang digaji dari Utara mencapai 2,04 juta won (Rp 26 juta). Meskipun pendapatan nasional bruto per kapita Korea Selatan adalah 2,89 juta won (Rp 37 juta) sebulan.

Data juga menunjukkan bahwa setengah, 49,9 persen, pekerja bergaji dari Utara dibayar kurang dari 2 juta won (Rp 25 juta) sebulan.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Euforia drama makjang 'Penthouse' yang menguras emosi penonton ternyata sampai juga ke Korea Utara. Dilaporkan bahwa empat anak muda Korea Utara ditangkap setelah ketahuan menonton drama Korea Selatan itu....
  • HOT !
    Banyak warga Korea Selatan juga ikut berinvestasi saham yang sedang tren belakangan ini. Tercatat sekitar 5 juta orang atau 1 dari 10 orang Korea sekarang memiliki saham Samsung Electronics....
  • HOT !
    Bentrokan kekerasan atas Yerusalem meningkat secara dramatis pada hari Senin (10/5), di mana setidaknya 20 orang, termasuk sembilan anak anak, tewas oleh serangan udara Israel yang diluncurkan setelah kelompok militan Palestina menembakkan roket di dekat Yerusalem....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)