home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Update Jadwal Kedatangan Vaksin Corona Kloter Selanjutnya Milik Indonesia

Rabu, 09 Desember 2020 14:15 by RizkiSetiawaan | 449 hits
Update Jadwal Kedatangan Vaksin Corona Kloter Selanjutnya Milik Indonesia
Image Source:kompas.com

DREAMERS.ID - Beberapa hari yang lalu, vaksin corona milik Indonesia telah tiba sebanyak 1,2 juta dosis. Sedangkan vaksin corona kloter selanjutnya akan menyusul untuk dikirimkan ke tanah air secara bertahap, dalam waktu dekat ini.

Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Budi Gunadi Sadikin merinci, pada bulan Desember 2020 ini ada 1,8 juta dosis vaksin dalam bentuk yang sudah jadi, dan ditambah 15 juta dosis dalam bentuk bahan baku curah.

"Kemudian akan ada 30 juta dosis bahan baku vaksin akan tiba Januari 2021, yang nantinya akan diproses menjadi 24 juta vaksin Corona jadi oleh PT Bio Farma yang akan jadi pada bulan setelahnya," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (8/12/2020), mengutip detik.

Pada tanggal 7 Desember 2020 lalu, pemerintah juga telah memberikan konfirmasi kepada GAVI sebagai penyedia vaksin untuk berpartisipasi, membuka akses 20% dari populasi masyarakat Indonesia supaya bisa mendapatkan vaksin dengan harga yang cukup baik melalui kerja sama multilateral dengan WHO.

Baca juga: Tidak Ada Pertimbangan Khusus, Amankah Vaksin DKI Jakarta 18+ Gunakan Astrazeneca?

Budi juga mengatakan bahwa vaksinasi sendiri baru bisa dilakukan setelah mendapat izin dari BPOM. "Walau vaksin sudah mulai tiba, proses dimulainya vaksinasi akan dilakukan setelah izin penggunaan dikeluarkan oleh Badan POM," ujarnya.

Sebagai catatan, orang-orang yang prioritaskan yang akan lebih dahulu menerima suntik vaksin tersebut. Mereka adalah tenaga medis dan aparat. Selanjutnya pelayan publik seperti petugas bandara, stasiun kereta api, pelabuhan, pemadam kebakaran, PLN, PAM yang bertugas di lapangan.

Setelahnya, vaksin baru akan didistribusikan ke masyarakat berdasarkan perhitungan geolokasi terkait sebaran virus Covid-19 supaya pengunaan vaksin corona betul-betul efisien.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Pemegang KTP DKI Jakarta berusia 18 tahun ke atas disetujui oleh Kementerian Kesehatan RI untuk mendapatkan vaksin COVID 19 sebagai bagian dari vaksinasi tahap ketiga. Kelompok ini akan mendapatkan vaksin AstraZeneca....
  • HOT !
    Sudah digempur habis habisan oleh Israel selama puluhan tahun, Palestina terus berjuang mendapatkan pengakuan kemerdekaannya dari berbagai negara. Setidaknya ada 55 negara yang masih belum mengakui kedaulatan mereka....
  • HOT !
    Mudik memang telah menjadi tradisi yang selalu ditunggu ketika lebaran tiba, dimana para umat Muslim pulang ke kampung halamannya untuk bertemu dengan keluarga besar dan bermaaf maafan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)