home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Profil Zhang Yiming, Konglomerat Tiongkok yang Kaya Raya Berkat TikTok

Selasa, 24 November 2020 16:50 by RandyW | 5910 hits
Profil Zhang Yiming, Konglomerat Tiongkok yang Kaya Raya Berkat TikTok
Image Source: Business Insider

DREAMERS.ID - Zhang Yiming adalah pendiri dari ByteDance dan menjadi salah satu orang terkaya di China saat ini. Total kekayaan Zhang ditaksir mencapai US$ 16,2 miliar atau setara Rp 228 triliun.

Sumber kekayaan dari Zhang Yiming tak lain berkat aplikasi Tiktok dan Jinri Toutiau yang booming di berbagai negara. Berdasarkan laporan SCMP, kesuksesan yang diraih oleh Zhang Yiming tak seindah arti namanya yang berasal dari pepatah China.

Dilansir dari laman Detik, Zhang Yiming merupakan lulusan Universitas Nankai jurusan rekayasa perangkat lunak. Setelah lulus, ia bekerja di perusahaan Kuxun dan bertanggung jawab atas teknologi back-end dan tugas lain yang terkait dengan produk.

"Saat itu saya bertanggung jawab atas teknologinya, tapi ketika produknya bermasalah, saya akan aktif berpartisipasi dalam pembahasan product plan. Banyak orang mengatakan bukan ini yang seharusnya saya lakukan," ceritanya.

"Tapi saya ingin mengatakan: rasa tanggung jawab Anda dan keinginan Anda untuk melakukan sesuatu dengan baik, akan mendorong Anda untuk melakukan lebih banyak hal dan mendapatkan pengalaman," kata Zhang.

Baca juga: Gawat! 3 Tren Kecantikan Viral di TikTok Ini Ternyata Berbahaya untuk Kulit

Lalu ia mempelajari cara penjualan dari kliennya, "Saya ingat pada akhir tahun 2007, saya pergi menemui klien dengan direktur penjualan. Pengalaman ini memberitahu saya penjualan apa yang merupakan penjualan yang baik. Ketika saya mendirikan Toutiao dan merekrut staf, contoh-contoh ini sangat membantu saya," lanjutnya

Di usia 36 tahun Zhang dapat meraih kesuksesannya berkat mendirikan ByteDance. "Sejak saya menjadi pengusaha, saya telah dihadapkan pada lebih banyak orang dan pengalaman. Ketika saya masih seorang insinyur, pola pikir saya sangat terbatas."

"Tapi sekarang saya harus mengembangkan produk, yang membuat saya perlu memahami pengguna kami dan apa yang mereka inginkan," ujar Zhang.

Pada Oktober lalu, Zhang mendapatkan kucuran dana dari investor baru sebesar US$ 3 miliar. Menurut Crunchbase, investor besar di ByteDance di antaranya adalahnya General Atlantic, SoftBank, KKR & Co dan Primavera Capital Group.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Kabar terbaru, Kawasan Ancol akan ditutup untuk masyarakat umum tanggal 4 Juni karena digelarnya balapan Formula E. Bahkan, untuk warga yang ingin akses ke pantai pun tetap harus memiliki tiket Formula E....
  • HOT !
    Pada Kamis (12/5), Korea Utara mengumumkan kasus pertama varian omicron dari COVID 19 dan menyatakan penerapan sistem pengendalian virus "darurat maksimum", mengakhiri klaim bebas virus corona yang sudah berlangsung lama....
  • HOT !
    Dalam perhelatan Grammy Awards 2022, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy membagikan pesan untuk penonton tentang negaranya yang sedang mengalami krisis. Ini yang dibagikannya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)