home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Akhirnya Buka Suara, Presiden Prancis, Macron: Saya Mengerti Perasaan Umat Muslim

Minggu, 01 November 2020 12:30 by Rie127 | 23348 hits
Akhirnya Buka Suara, Presiden Prancis, Macron: Saya Mengerti Perasaan Umat Muslim
Image SOurce: BBC

DREAMERS.ID - Setelah menuai kontroversi karena karikatur bergambar Nabi Muhammad, Presiden Prancis, Emmanuel Macron akhirnya buka suara, serta menanggapi adanya karikatur yang dianggap sebagai sebuah kebebasan.

Dalam wawancara eksklusif dengan Aljazirah, pada Sabtu (31/10), Macron mengaku memahami perasaan terkejut umat Muslim atas penerbitan kartun Nabi Muhammad, yang dianggap sebagai sebuah penghinaan.

“Saya mengerti dengan sentimen yang ada dan saya menghormatinya,” ujarnya.

Namun, ia menambahkan, dunia harus mengerti bahwa ia memiliki dua peran saat ini, yakni mendorong ketenangan dan melindungi hak berekspresi, termasuk hak untuk menyampaikan pendapat.

“Saya akan selalu membela hak berbicara, menulis, dan menggambar di negara saya,” kata Macron.

Baca juga: Heboh Rumor Ibu Negara Perancis Transgender dan Terlahir Sebagai Pria?

Karikatur Nabi Muhammad dianggap sebagai buatan Prancis. Namun, Macron memiliki argumennya sendiri. Dia mengatakan hal itu distorsi dari beberapa pemimpin politik sehingga orang percaya kartun tersebut adalah buatan Prancis.

“Saya pikir reaksi itu hasil dari kebohongan dan distorsi kalimat saya karena orang tahu saya mendukung kartun itu,” ujarnya.

Macron kemudian membahas mengenai penerbitan ulang karikatur oleh majalah Charlie Hebdo baru-baru ini untuk menandai pembukaan persidangan atas serangan mematikan terhadap stafnya pada 2015. Kartun publikasi yang berbasis di Paris tersebut dikutip sebagai alasan penyerangan.

“Karikatur bukanlah proyek pemerintah, tetapi muncul dari surat kabar bebas dan independen yang tidak berafiliasi dengan pemerintah,” kata Macron.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)