home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Akhirnya Buka Suara, Presiden Prancis, Macron: Saya Mengerti Perasaan Umat Muslim

Minggu, 01 November 2020 12:30 by Rie127 | 23281 hits
Akhirnya Buka Suara, Presiden Prancis, Macron: Saya Mengerti Perasaan Umat Muslim
Image SOurce: BBC

DREAMERS.ID - Setelah menuai kontroversi karena karikatur bergambar Nabi Muhammad, Presiden Prancis, Emmanuel Macron akhirnya buka suara, serta menanggapi adanya karikatur yang dianggap sebagai sebuah kebebasan.

Dalam wawancara eksklusif dengan Aljazirah, pada Sabtu (31/10), Macron mengaku memahami perasaan terkejut umat Muslim atas penerbitan kartun Nabi Muhammad, yang dianggap sebagai sebuah penghinaan.

“Saya mengerti dengan sentimen yang ada dan saya menghormatinya,” ujarnya.

Namun, ia menambahkan, dunia harus mengerti bahwa ia memiliki dua peran saat ini, yakni mendorong ketenangan dan melindungi hak berekspresi, termasuk hak untuk menyampaikan pendapat.

“Saya akan selalu membela hak berbicara, menulis, dan menggambar di negara saya,” kata Macron.

Baca juga: Keren, 5 Negara Ini Berikan Vaksin Corona Gratis untuk Warganya

Karikatur Nabi Muhammad dianggap sebagai buatan Prancis. Namun, Macron memiliki argumennya sendiri. Dia mengatakan hal itu distorsi dari beberapa pemimpin politik sehingga orang percaya kartun tersebut adalah buatan Prancis.

“Saya pikir reaksi itu hasil dari kebohongan dan distorsi kalimat saya karena orang tahu saya mendukung kartun itu,” ujarnya.

Macron kemudian membahas mengenai penerbitan ulang karikatur oleh majalah Charlie Hebdo baru-baru ini untuk menandai pembukaan persidangan atas serangan mematikan terhadap stafnya pada 2015. Kartun publikasi yang berbasis di Paris tersebut dikutip sebagai alasan penyerangan.

“Karikatur bukanlah proyek pemerintah, tetapi muncul dari surat kabar bebas dan independen yang tidak berafiliasi dengan pemerintah,” kata Macron.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Pemerintah disebut tengah merencanakan penerapan bayar tol tanpa kartu yang pasti akan memangkas waktu pembayaran di gerbang tol yang kadang sering memicu kemacetan. Rencana ini akan diterapkan mulai akhir tahun sebagai uji coba dan efektif berlaku pada 2023 2024....
  • HOT !
    PPKM atau yang memiliki kepanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dengan level level dalam menangani pandemic virus corona atau COVID 19 di seluruh Indonesia, yaitu di wilayah Jawa Bali maupun luar Jawa Bali resmi berakhir hari ini, Senin (9/5)....
  • HOT !
    Pejabat dari tim transisi Presiden terpilih Yoon Suk Yeol dikabarkan akan mengunjungi agensi BTS. Menurut juru bicara tim transisi Shin Yong Hyun pada Jumat (01/04), Ketua komite transisi presiden Ahn Cheol Soo dan anggota subkomite sosial, kesejahteraan, dan budaya berencana mengunjungi HYBE pada hari Sabtu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)