home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Prediksi Virus Corona Tidak Akan Hilang Seperti Flu

Rabu, 21 Oktober 2020 12:10 by SidikTri | 333 hits
Prediksi Virus Corona Tidak Akan Hilang Seperti Flu
Image Source: GridID

DREAMERS.ID - Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2) yang menjadi penyebab penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19) sebagai pandemi mengerikan hingga saat ini, dikhawatirkan akan menjadi virus penyakit tahunan seperti virus flu.

Melansir CNBC Indonesia, hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Penasihat Ilmiah Inggris bernama Patrick Vallance. Ia mengatakan belum ada yang bisa memberantas virus covid-19 ini meskipun telah terdapat beberapa vaksin potensial yang telah diuji.

Mengutip dari perkataan Patrick kepada Komite Strategi Keamanan Nasional Inggris, vaksin tidak akan membuat semuanya 'benar-benar steril', melainkan hanya akan mengurangi kemungkinan infeksi dan tingkat keparahan penyakit.

"Jelas karena manajemen menjadi lebih baik, saat Anda mendapatkan vaksinasi, ini akan mengurangi kemungkinan infeksi dan tingkat keparahan penyakit. Ini kemudian mulai terlihat lebih seperti flu tahunan daripada apa pun, dan itu mungkin arah yang kita tuju," jelas Patrick.

Baca juga: Update Cuti Bersama Nataru Dihapus, Menko PMK: Enggak Usah Beli Tiket Dulu

Ia juga membahas tentang pembuatan vaksin dengan waktu amat singkat, di mana hal tersebut belum pernah terjadi sebelumnya. "Secara historis pembuatan vaksin membutuhkan waktu rata-rata 10 tahun," ungkap Patrick.

Namun, ia juga membenarkan sejumlah vaksin memang dapat menciptakan antibodi. Tapi untuk benar-benar membuktikan apakah vaksin berhasil, hanya bisa dilihat dari hasil uji klinis Fase III (akhir) yang dilakukan ke manusia.

"Kita akan tahu selama beberapa bulan ke depan apakah kami memiliki vaksin yang benar-benar melindungi dan berapa lama mereka melindungi," tutup patrick.

Sejumlah negara dan perusahaan obat saat ini memang tengah gencar meneliti vaksin efektif untuk Covid-19. Seperti AS, Rusia, Inggris, China, begitu pula Indonesia. Beberapa vaksin pun menunjukkan hasil menjanjikan.

(sidk)

Komentar
  • HOT !
    Seperti yang diberitakan sebelumnya, cuti Bersama akhir tahun dihapus oleh pemerintah sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi SKB Tiga Menteri Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, serta Nomor 3 Tahun 2021 tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama 2021....
  • HOT !
    Puluhan ribu anggota serikat pekerja turun ke jalan di seluruh Korea Selatan pada Rabu (20/10) untuk menuntut kondisi kerja yang lebih baik bagi pekerja tidak tetap dan kenaikan upah minimum. Ini terlepas dari peringatan berulang kali pemerintah bahwa unjuk rasa itu ilegal dan melanggar pembatasan Covid 19....
  • HOT !
     Seiring berkembangnya peraturan dan pilihan, fleksibilitas kegiatan vaksinasi COVID 19 pun makin beragam dan memudahkan. Kini, warga Indonesia yang memiliki KTP Non DKI sudah bisa vaksin Di Jakarta dengan vaksin merek apa pun! Dan perlu dicatat, Vaksin ini hanya berlaku untuk dosis vaksin pertama dan kedua....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)