home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Prediksi Virus Corona Tidak Akan Hilang Seperti Flu

Rabu, 21 Oktober 2020 12:10 by SidikTri | 377 hits
Prediksi Virus Corona Tidak Akan Hilang Seperti Flu
Image Source: GridID

DREAMERS.ID - Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2) yang menjadi penyebab penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19) sebagai pandemi mengerikan hingga saat ini, dikhawatirkan akan menjadi virus penyakit tahunan seperti virus flu.

Melansir CNBC Indonesia, hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Penasihat Ilmiah Inggris bernama Patrick Vallance. Ia mengatakan belum ada yang bisa memberantas virus covid-19 ini meskipun telah terdapat beberapa vaksin potensial yang telah diuji.

Mengutip dari perkataan Patrick kepada Komite Strategi Keamanan Nasional Inggris, vaksin tidak akan membuat semuanya 'benar-benar steril', melainkan hanya akan mengurangi kemungkinan infeksi dan tingkat keparahan penyakit.

"Jelas karena manajemen menjadi lebih baik, saat Anda mendapatkan vaksinasi, ini akan mengurangi kemungkinan infeksi dan tingkat keparahan penyakit. Ini kemudian mulai terlihat lebih seperti flu tahunan daripada apa pun, dan itu mungkin arah yang kita tuju," jelas Patrick.

Baca juga: Gejala Khusus COVID-19 Subvarian XB.1.16 yang Ditemukan 5 Kasus Di Jakarta

Ia juga membahas tentang pembuatan vaksin dengan waktu amat singkat, di mana hal tersebut belum pernah terjadi sebelumnya. "Secara historis pembuatan vaksin membutuhkan waktu rata-rata 10 tahun," ungkap Patrick.

Namun, ia juga membenarkan sejumlah vaksin memang dapat menciptakan antibodi. Tapi untuk benar-benar membuktikan apakah vaksin berhasil, hanya bisa dilihat dari hasil uji klinis Fase III (akhir) yang dilakukan ke manusia.

"Kita akan tahu selama beberapa bulan ke depan apakah kami memiliki vaksin yang benar-benar melindungi dan berapa lama mereka melindungi," tutup patrick.

Sejumlah negara dan perusahaan obat saat ini memang tengah gencar meneliti vaksin efektif untuk Covid-19. Seperti AS, Rusia, Inggris, China, begitu pula Indonesia. Beberapa vaksin pun menunjukkan hasil menjanjikan.

(sidk)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)