home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap Alasan Kenapa Harga BBM di Indonesia ‘Mahal’

Rabu, 07 Oktober 2020 07:30 by RandyW | 285 hits
Terungkap Alasan Kenapa Harga BBM di Indonesia ‘Mahal’
Image Source: Media Indonesia

DREAMERS.ID - Banyak yang pertanyaan mengenai harga BBM di Indonesia termasuk mahal? Hampir setiap tahun harga BBM naik secara perlahan. Jawabannya adalah karena biaya produksi BBM cukup tinggi.

Hal yang membuat biaya produksi tinggi karena kilang perusahaan hanya bisa mengolah jenis minyak tertentu. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menuturkan kilang perusahaan hanya mampu mengolah 3 persen dari minyak mentah dunia, dikutip dari CNN Indonesia

Nicke mengatakan, "Jenis minyak mentah yang bisa diolah di kilang kami sangat terbatas, hanya sekitar 3 persen dari minyak mentah dunia. Ini yang menyebabkan harga tinggi. Supply dan demand kurang seimbang," dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI, pada Senin (5/10/2020).

Direktur Utama PT Kilang Pertamina International (KPI) Ignatius Tallulembang mengungkapkan fakta bahwa rata-rata kilang di Indonesia sekarang ini memang sudah berumur tua. Bahkan, ada yang berusia hampir 100 tahun.

Baca juga: Momen Bencana dan Duka Bersama Indonesia Sepanjang 2021

"Sudah 26 tahun (Kilang Bontang). Tapi ada (kilang lain) yang sudah berusia 36 tahun, 50 tahun, dan ada yang hampir 100 tahun," kata Ignatius. 

Ignatius mengatakan bahwa saat ini perusahaan membutuhkan dana sebanyak S$48 miliar atau sekitar Rp 672 triliun. Dana ini akan digunakan untuk pengembangan kilang minyak RDMP dan GGR hingga 2027 mendatang, agar nantinya harga BBM bisa lebih terjangkau.

Proyek ini yang tersebar di beberapa wilayah seperti Dumai, Plaju, Cilacap, Balongan, Balikpapan, Tuban, dan wilayah lainnya di Indonesia Timur.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Jakarta dan sekitarnya digegerkan oleh gempa yang terjadi di Lebak, Banten dengan magnitude 6.7 skala richter. Berbagai foto dan video memperlihatkan kepanikan warga terutama yang beraktifitas di Gedung gedung tinggi berhamburan keluar....
  • HOT !
    Selain menjadi tahun penuh tantangan, ada sederet momen memprihatinkan yang menambah perjuangan perjalanan 2021. Mulai dari bencana alam, hingga hilangnya moda transportasi besar nasional....
  • HOT !
    Indonesia dikabarkan akan menerapkan peraturan pemberlakuan micro lockdown demi menangkal virus COVID 19 varian Omicron. Namun, istilah ini sebenarnya merujuk pada PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) mikro yang sempat berjalan di samping penerapan PPKM berlevel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)