home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Donald Trump Perpanjang Sanksi Korut Usai Pecah Konflik dengan Korsel

Kamis, 18 Juni 2020 14:15 by muthiasp | 611 hits
Donald Trump Perpanjang Sanksi Korut Usai Pecah Konflik dengan Korsel
Image source: Yonhap News

DREAMERS.ID - Konflik di Semenanjung Korea antara Korea Utara dan Selatan memanas, usai negara pimpinan Kim Jong Un menghancurkan gedung penghubung antar-Korea di Kaeseong, pada Selasa (16/6). Buntutnya, Amerika Serikat memperpanjang sanksi untuk Korut.

Dilansir dari laman Korea Herald (18/6), Presiden Donald Trump memutuskan untuk memperpanjang sanksi dari Amerika Serikat ke Korea Utara selama setahun kedepan, karena ancaman "tidak biasa dan luar biasa" dari negeri komunis tersebut.

Dalam pemberitahuan rutin yang dikirim ke Kongres, Trump menulis bahwa ia melanjutkan "darurat nasional sehubungan dengan Korea Utara" yang pertama kali dinyatakan pada 26 Juni 2008, oleh Executive Order 13466.

Baca juga: Mantan Istri Donald Trump, Ivana Trump Meninggal Dunia

"Keberadaan dan risiko proliferasi bahan fisil yang dapat digunakan senjata di Semenanjung Korea dan tindakan serta kebijakan Pemerintah Korea Utara terus menimbulkan ancaman yang tidak biasa dan luar biasa terhadap keamanan nasional, kebijakan luar negeri, dan ekonomi Amerika Serikat," tulis Trump dalam pemberitahuan itu.

Dalam surat yang menyertai Kongres, Trump juga menulis bahwa tindakan dan kebijakan pemerintah Korea Utara mengacaukan Semenanjung Korea dan membahayakan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, sekutu, dan mitra dagang di wilayah tersebut.

Secara hukum, deklarasi darurat nasional akan secara otomatis dihentikan kecuali presiden memperbaruinya dalam waktu 90 hari sebelum tanggal perayaannya. Pembaruan itu rutin, tetapi terjadi pada saat ketegangan timbul di Semenanjung Korea karena meningkatnya ancaman militer Korut terhadap Korea Selatan.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)