home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selamat Berpuasa! Begini Lho Detail Hasil Sidang Isbat Ramadhan 1441 H Via Online

Kamis, 23 April 2020 21:40 by reinasoebisono | 642 hits
Selamat Berpuasa! Begini Lho Detail Hasil Sidang Isbat Ramadhan 1441 H Via Online
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Akhirnya masyarakat dunia, khususnya Indonesia akan menjalankan ibadah puasa tahun 2020 yang ditetapkan pemerintah jika 1 Ramadhan 1441 Hijriah jatuh pada hari Jumat (24/4) besok. Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama pada Kamis (23/4) sore ini.

Rapat pun dipimpin oleh Menteri Agama Fachrul Razi yang diikuti oleh perwakilan ormas-ormas melalui aplikasi online. Hadir pula Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Fachrul juga menjelaskan jika pemantauan hilal dilakukan di 82 titik di sejumlah wilayah Tanah Air. Rukyatul hilal ini dilaksanakan oleh petugas Kanwil Kemenag provinsi bekerja sama dengan ormas Islam, BMKG, dan Mahkamah Agung Berdasarkan laporan yang disampaikan tim pemantau hilal, maka diketahui bahwa terlihat bulan baru yang menandai awal Ramadhan 1441 Hijriah.

Baca juga: Peran Selebgram EAD yang Jadi Tersangka Pemalsu Surat PCR

"Menurut laporan dari titik-titik rukyatul hilal posisi hilal di atas wukuf berkisar antara 2 derajat 41 menit sampai dengan 3 derajat 44 menit," ujar Fachrul Razi.

Seperti yang diberitakan di atas, sidang isbat tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena dilakukan di tengah wabah virus corona atau COVID-19/ Pemerintah pun memutuskan untuk melakukan sidang melalui telekonferensi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pemegang KTP DKI Jakarta berusia 18 tahun ke atas disetujui oleh Kementerian Kesehatan RI untuk mendapatkan vaksin COVID 19 sebagai bagian dari vaksinasi tahap ketiga. Kelompok ini akan mendapatkan vaksin AstraZeneca....
  • HOT !
    Sudah digempur habis habisan oleh Israel selama puluhan tahun, Palestina terus berjuang mendapatkan pengakuan kemerdekaannya dari berbagai negara. Setidaknya ada 55 negara yang masih belum mengakui kedaulatan mereka....
  • HOT !
    Mudik memang telah menjadi tradisi yang selalu ditunggu ketika lebaran tiba, dimana para umat Muslim pulang ke kampung halamannya untuk bertemu dengan keluarga besar dan bermaaf maafan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)