home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjelasan Prediksi dan Himbauan Soal Hujan Lebat Serta Angin Kencang Selama Dua Hari 7-8 Februari

Jumat, 07 Februari 2020 11:31 by reinasoebisono | 2613 hits
Penjelasan Prediksi dan Himbauan Soal Hujan Lebat Serta Angin Kencang Selama Dua Hari 7-8 Februari
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Dari prakiraan cuaca terbaru Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghimbau masyarakat di beberapa wilayah di Indonesia untuk waspada dan siap siaga bencana.

Melansir laman Tempo, beberapa wilayah diprediksi diguyur hujan intensitas lebat pada hari ini Jumat juga Sabtu, 7-8 Februari 2020. Prediksi ini muncul karena terpantaunya pertumbuhan dan pergerakan dua siklon tropis di Samudera Hindia.

"Seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang maupun petir," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo.

Agus turut membagikan prediksi BMKG atas akumulasi curah hujan dalam kurun waktu 24 jam, terhitung pada 7 Februari 2020 pukul 07.00 WIB hingga esok harinya. Potensi disebutkan ada di Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua.

"Masyarakat juga dapat terus memantau informasi prakiraan cuaca maupun informasi kewaspadaan terkait cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG, BNPB dan BPBD," kata Agus.

BMKG juga turut memantau terjadinya siklon tropis Damien, yaitu siklon yang tumbuh di sekitaran Samudera Hindia ini bergerak ke arah barat daya dengan kecepatan 12 kilometer per jam pada Kamis kemarin.

Siklon tropis Damien ini berdampak pada cuaca di Indonesia berupa hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jawa bagian Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Berikut adalah wilayah yang berpotensi hujan lebat serta yang dibarengi angin kencang dan petir.

Pada 7 Februari 2020
Di Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Selain itu, ada di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku, Papua.

Pada 8 Februari 2020
Di Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara. Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku, Papua.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)