home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjelasan Prediksi dan Himbauan Soal Hujan Lebat Serta Angin Kencang Selama Dua Hari 7-8 Februari

Jumat, 07 Februari 2020 11:31 by reinasoebisono | 2563 hits
Penjelasan Prediksi dan Himbauan Soal Hujan Lebat Serta Angin Kencang Selama Dua Hari 7-8 Februari
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Dari prakiraan cuaca terbaru Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghimbau masyarakat di beberapa wilayah di Indonesia untuk waspada dan siap siaga bencana.

Melansir laman Tempo, beberapa wilayah diprediksi diguyur hujan intensitas lebat pada hari ini Jumat juga Sabtu, 7-8 Februari 2020. Prediksi ini muncul karena terpantaunya pertumbuhan dan pergerakan dua siklon tropis di Samudera Hindia.

"Seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang maupun petir," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo.

Agus turut membagikan prediksi BMKG atas akumulasi curah hujan dalam kurun waktu 24 jam, terhitung pada 7 Februari 2020 pukul 07.00 WIB hingga esok harinya. Potensi disebutkan ada di Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua.

"Masyarakat juga dapat terus memantau informasi prakiraan cuaca maupun informasi kewaspadaan terkait cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG, BNPB dan BPBD," kata Agus.

BMKG juga turut memantau terjadinya siklon tropis Damien, yaitu siklon yang tumbuh di sekitaran Samudera Hindia ini bergerak ke arah barat daya dengan kecepatan 12 kilometer per jam pada Kamis kemarin.

Siklon tropis Damien ini berdampak pada cuaca di Indonesia berupa hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jawa bagian Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Berikut adalah wilayah yang berpotensi hujan lebat serta yang dibarengi angin kencang dan petir.

Pada 7 Februari 2020
Di Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Selain itu, ada di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku, Papua.

Pada 8 Februari 2020
Di Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara. Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku, Papua.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Korea Selatan akan segera menghadapi pemilihan umum presiden pada 9 Maret mendatang. Tidak hanya kandidat utama yang disorot, tetapi belakangan ini skandal istri kandidat calon presiden juga menjadi perbincangan panas....
  • HOT !
    Sosial media digegerkan oleh broadcast message dan informasi meninggalnya seorang mahasiswi cantik asal Minahasa Utara yang dikabarkan meninggal dunia di Ontario, Kanada. Utamanya, kabar ini viral di Manado, Sulawesi Utara....
  • HOT !
    TC Candler merilis wajah wajah tertampan dunia tahun 2021 dengan versi lengkap via laman YouTube. Total ada 100 wajah yang ditampilkan dan pihak TC Candler juga mengungkap jika ada rekor rekor yang terpecahkan tahun ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)