home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rawan Gigitan Ular, Ini Daftar Rumah Sakit yang Sediakan Serum Anti Bisa Ular

Selasa, 17 Desember 2019 18:00 by Rie127 | 835 hits
Rawan Gigitan Ular, Ini Daftar Rumah Sakit yang Sediakan Serum Anti Bisa Ular
Image Source: healthpharma

DREAMERS.ID - Maraknya pemberitaan mengenai ular kobra yang bermunculan diberbagai daerah, tentunya membuat masyarakat menjadi khawatir, apalagi jika terkena gigitan salah satu hewan yang memiliki bisa beracun tersebut.

Namun gigitan ular kobra sebenarnya dapat diatasi dengan menggunakan serum anti-bisa ular. Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Kristi Watini mengatakan, serum tersebut belum didistribusikan ke layanan kesehatan tingkat puskesmas.

“Serum hanya diberikan pada pasien yang terbukti atau telah tergigit ular berbisa dengan penanganan medis rumah sakit yang bersangkutan” ujar Kristi, Senin (15/12), dikutip dari Antara.

Baca juga: Spesies Baru, Nama Ular Ini Terinspirasi Dari Salah Satu Karakter Pendiri Asrama di Harry Potter

Kristi kemudian mengungkapkan bahwa beberapa rumah sakit, memberikan biaya untuk pemberian serum anti-bisa ular dengan harga yang bervariasi, dari Rp600 hingga Rp900 ribu

“Misalnya saja RSCM yang mematok harga Rp900 ribu dan RS Fatmawati Rp595 ribu. Namun, beberapa menyediakan serum secara gratis, seperti RSPI Sulianti yang menyediakan serum gratis untuk pasien BPJS”. kata Kristi.

Berikut daftar RS penyedia serum anti-bisa ular di DKI Jakarta.

1. RSUD Tarakan -- Jalan Kyai Caringin, Cideng, Jakarta Pusat
2. RS dr Suyoto -- Jalan RC Veteran Raya, Bintaro, Jakarta Selatan
3. RSUP Fatmawati -- Jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan
4. RSUD Cengkareng -- Jalan Bumi Cengkareng Indah, Cengkareng Timur, Jakarta Barat
5. RSUPN dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) -- Jalan Pangeran Diponegoro, Senen, Jakarta Pusat
6. RSPI Prof dr Suliati Saroso -- Jalan Sunter Permai Raya, Tanjung Priok, Jakarta Utara

Kristi juga menghimbau para masyarakat agar tidak panik saat tergigit ular kobra. Sebagai pertolongan pertama, pasangkan bidai yang dieratkan dengan menggunakan ikatan kain atau perban untuk memperlambat penyebaran racun dalam tubuh korban.

Setelah itu, tangani korban secara medis dengan serum anti-bisa ular. Bila penderita gigitan ular tiba di rumah sakit dalam keadaan darurat seperti syok akibat racun ular, maka dokter umumnya akan melakukan tindakan resusitasi untuk menyelamatkan nyawa penderita.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
      Drama 'Extraordinary Attorney Woo' sukses mencuri perhatian global. Bersamaan dengan berbagai pujian yang diterimanya, drama yang mengangkat kisah pengacara autis pertama di Korea itu juga tidak lepas dari kritikan....
  • HOT !
    Netizen tanah air dihebohkan dengan kabar bahwa artis Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week di bawah nama perusahaannya PT. Tiger Wong Entertainment....
  • HOT !
    Jika di hari kemarin, Selasa (5/7) pemerintah meningkatkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jabodetabek ke level dua, kini kembali lagi ke level satu per hari Rabu (6/7) ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)