home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rawan Gigitan Ular, Ini Daftar Rumah Sakit yang Sediakan Serum Anti Bisa Ular

Selasa, 17 Desember 2019 18:00 by Rie127 | 885 hits
Rawan Gigitan Ular, Ini Daftar Rumah Sakit yang Sediakan Serum Anti Bisa Ular
Image Source: healthpharma

DREAMERS.ID - Maraknya pemberitaan mengenai ular kobra yang bermunculan diberbagai daerah, tentunya membuat masyarakat menjadi khawatir, apalagi jika terkena gigitan salah satu hewan yang memiliki bisa beracun tersebut.

Namun gigitan ular kobra sebenarnya dapat diatasi dengan menggunakan serum anti-bisa ular. Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Kristi Watini mengatakan, serum tersebut belum didistribusikan ke layanan kesehatan tingkat puskesmas.

“Serum hanya diberikan pada pasien yang terbukti atau telah tergigit ular berbisa dengan penanganan medis rumah sakit yang bersangkutan” ujar Kristi, Senin (15/12), dikutip dari Antara.

Baca juga: Spesies Baru, Nama Ular Ini Terinspirasi Dari Salah Satu Karakter Pendiri Asrama di Harry Potter

Kristi kemudian mengungkapkan bahwa beberapa rumah sakit, memberikan biaya untuk pemberian serum anti-bisa ular dengan harga yang bervariasi, dari Rp600 hingga Rp900 ribu

“Misalnya saja RSCM yang mematok harga Rp900 ribu dan RS Fatmawati Rp595 ribu. Namun, beberapa menyediakan serum secara gratis, seperti RSPI Sulianti yang menyediakan serum gratis untuk pasien BPJS”. kata Kristi.

Berikut daftar RS penyedia serum anti-bisa ular di DKI Jakarta.

1. RSUD Tarakan -- Jalan Kyai Caringin, Cideng, Jakarta Pusat
2. RS dr Suyoto -- Jalan RC Veteran Raya, Bintaro, Jakarta Selatan
3. RSUP Fatmawati -- Jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan
4. RSUD Cengkareng -- Jalan Bumi Cengkareng Indah, Cengkareng Timur, Jakarta Barat
5. RSUPN dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) -- Jalan Pangeran Diponegoro, Senen, Jakarta Pusat
6. RSPI Prof dr Suliati Saroso -- Jalan Sunter Permai Raya, Tanjung Priok, Jakarta Utara

Kristi juga menghimbau para masyarakat agar tidak panik saat tergigit ular kobra. Sebagai pertolongan pertama, pasangkan bidai yang dieratkan dengan menggunakan ikatan kain atau perban untuk memperlambat penyebaran racun dalam tubuh korban.

Setelah itu, tangani korban secara medis dengan serum anti-bisa ular. Bila penderita gigitan ular tiba di rumah sakit dalam keadaan darurat seperti syok akibat racun ular, maka dokter umumnya akan melakukan tindakan resusitasi untuk menyelamatkan nyawa penderita.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)