home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indonesia Raih Peringkat ke-61 Sebagai Negara yang Memiliki Kemampuan Berbahasa Inggris

Jumat, 13 Desember 2019 08:00 by Rie127 | 1001 hits
Indonesia Raih Peringkat ke-61 Sebagai Negara yang Memiliki Kemampuan Berbahasa Inggris
Image Source: US Ready

DREAMERS.ID - Studi EF English Proficiency Index (EF EPI) merilis laporan mengenai tingkat kemampuan berbahasa Inggris pada orang dewasa di 100 negara dan wilayah dunia tahun 2019. Menurut laporan tersebut, Indonesia berada di peringkat ke-61 dengan skor 50.06, yang sebelumnya mendapatkan skor 51,58.

Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia menempati peringkat ke-5 atau di bawah negara Singapura (nilai skor 66.82), Filipina (60.04), Malaysia (58.55) serta Vietnam (51.57).

Executive Director of Academic Affairs & Partnership EF, Dr.Minh Tran mengatakan, laporan ini disusun berdasarkan analisa data dari hasil tes bahasa Inggris yang dilakukan oleh 2.3 juta peserta yang berpartisipasi melalui tes online EF Standart English Test.

“Secara umum, jumlah peserta yang mengikuti EF Standard English Test (EF SET) tahun ini naik 77 persen dibandingkan tahun lalu, ada delapan negara partisipan baru yakni Bahrain, Pantai Gading, Kenya, Kirgizstan, Maladewa, Nepal, Paraguay, dan Sudan”. kata Minh dikutip dari Kompas.

Baca juga: Waspada Varian Virus Corona Baru, Indonesia Larang Kedatangan dari Inggris

Laporan tersebut juga menunjukkan EF EPI tahun 2019 menunjukkan skor mengenai kemampuan bahasa Inggris di seluruh dunia tetap stabil. Sementara itu, di berbagai kota di Indonesia, tingkat kemampuan berbahasa Inggris terbaik berada di Bali (54.46), Jakarta (54.26), Yogyakarta (53,02), dan Jawa Barat (51.97).

Peningkatan skor yang signifikan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Yogyakarta yang berhasil mengungguli 23 provinsi lain di Indonesia. Minh mengatakan, kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki di era revolusi industri.

“Revolusi Industri 4.0 mendorong kebutuhan SDM berkualitas, salah satunya memiliki kemampuan bahasa Inggris lebih baik,” lanjutnya.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Joko Widodo secara resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di seluruh JABODETABEK hingga 2 Agustus 2021. Sebelumnya, PPKM level 4 tambahan sudah diberlakukan dari tanggal 20 25 Juli 2021 selama 5 hari. ...
  • HOT !
    Vaksin merupakan salah satu syarat utama agar tidak terpapar Covid 19. Salah satu yang digunakan di Indonesia adalah vaksin AstraZeneca, yang mana ternyata ada peran pemuda tanah air di balik pembuatannya....
  • HOT !
    Korea Selatan penuh dengan penemuan penemuan menarik yang mungkin masih banyak orang tidak ketahui. Namun beberapa orang tidak menyadari bahwa mereka gunakan sekarang ini adalah inovasi dari Korea....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : kradmisaki
Cast : penitipan anjing di kenjeran

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)