home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspadai Ular Cobra Saat Masuki Musim Penghujan

Senin, 09 Desember 2019 16:00 by Rie127 | 747 hits
Waspadai Ular Cobra Saat Masuki Musim Penghujan
Image Source: ThoughtCo

DREAMERS.ID - Baru-baru ini media sosial tengah diramaikan dengan berita tentang ditemukannya 26 ekor anak ular cobra yang berkeliaran di salah satu perumahan di Citayam, Bogor, Jawa Barat.

Ahli Hepertologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Amir Hamidy juga mengaku bahwa ketika memasuki fase musim hujan, merupakan waktu dimana ular kobra melahirkan.

“Ular kobra menetas di awal musim hujan. Untuk kasus di Bogor, kebetulan dekat perumahan tersebut ada ular kobra yang berkembang biak” kata Amir dikutip dari CNNIndonesia.com.

Menurut Amir, sekali bertelur, rata-rata ular kobra dapat menetaskan hingga 20 ekor ular, Biasanya ular kobra akan meletakkan telur-telurnya di lubang atau tempat lembab yang tersembunyi dari jangkauan manusia.

Baca juga: Spesies Baru, Nama Ular Ini Terinspirasi Dari Salah Satu Karakter Pendiri Asrama di Harry Potter

Setelah menetas, anak ular kobra biasanya akan berpencar atau berpisah dengan induknya. Fenomena inilah yang membuat jumlah populasi meningkat dan terdapat kejadian ular kobra sampai masuk ke rumah warga di musim hujan.

Namun, Amir juga mengatakan bahwa dari puluhan ular yang lahir secara bersamaan tersebut belum tentu dapat bertahan hidup seluruhnya. Karena, di awal musim hujan musuh atau mangsa ular kobra juga banyak, salah satunya adalah burung.

Karena hal ini, Amir menyarankan agar kondisi rumah selalu bersih dan tidak dibiarkan gelap saat musim hujan. Warga juga diminta untuk tidak membiarkan tumpukan barang atau sampah yang akan memberikan tempat lembab bagi ular kobra.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
      Drama 'Extraordinary Attorney Woo' sukses mencuri perhatian global. Bersamaan dengan berbagai pujian yang diterimanya, drama yang mengangkat kisah pengacara autis pertama di Korea itu juga tidak lepas dari kritikan....
  • HOT !
    Netizen tanah air dihebohkan dengan kabar bahwa artis Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week di bawah nama perusahaannya PT. Tiger Wong Entertainment....
  • HOT !
    Jika di hari kemarin, Selasa (5/7) pemerintah meningkatkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jabodetabek ke level dua, kini kembali lagi ke level satu per hari Rabu (6/7) ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)