home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indonesia Dilanda Suhu Panas Hingga 1 Minggu Kedepan, Ini Penyebabnya

Rabu, 23 Oktober 2019 12:36 by Rie127 | 1185 hits
Indonesia Dilanda Suhu Panas Hingga 1 Minggu Kedepan, Ini Penyebabnya
Image Source: kompas

DREAMERS.ID - Sebagian besar dari kalian mungkin sudah menyadari bahwa suhu udara selama beberapa hari ini sangat panas. Bukan tanpa sebab, suhu udara yang meningkat diakibatkan dari perubahan posisi matahari dan juga awan yang menghalangi sinar matahari.

“Hal ini erat kaitannya dengan gerak semu Matahari. Seperti yang kita ketahui pada bulan September, Matahari berada di sekitar wilayah khatulistiwa dan akan terus bergerak ke belahan Bumi selatan hingga bulan Desember. Sehingga pada bulan Oktober ini, posisi semu matahari akan berada di sekitar wilayah Indonesia bagian Selatan (Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara)” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo, dikutip dari Detik.

Baca juga: Benarkah Gelombang Panas Lemahkan Sel Otak? Ini Kata Kemenkes!

Mulyono juga mengungkapkan kondisi tersebut membuat sinar matahari yang diterima oleh permukaan bumi menjadi meningkat. Faktor lain yang membuat suhu udara meningkat adalah kondisi atmosfer yang relatif kering di atas wilayah Indonesia.

“Kondisi ini menyebabkan radiasi matahari yang diterima oleh permukaan bumi di wilayah tersebut relatif menjadi lebih banyak, sehingga akan meningkatkan suhu udara pada siang hari. Selain itu pantauan dalam dua hari terakhir, atmosfer di wilayah Indonesia bagian selatan relatif kering sehingga sangat menghambat pertumbuhan awan yang bisa berfungsi menghalangi panas terik matahari” terangnya.

Mulyono juga menyebutkan bahwa kondisi ini merupakan siklus yang terjadi berulang kali di setiap tahun. BMKG sendiri juga telah memprediksi bahwa cuaca panas di wilayah Indonesia akan berlangsung selama sepekan ke depan.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Joko Widodo secara resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di seluruh JABODETABEK hingga 2 Agustus 2021. Sebelumnya, PPKM level 4 tambahan sudah diberlakukan dari tanggal 20 25 Juli 2021 selama 5 hari. ...
  • HOT !
    Vaksin merupakan salah satu syarat utama agar tidak terpapar Covid 19. Salah satu yang digunakan di Indonesia adalah vaksin AstraZeneca, yang mana ternyata ada peran pemuda tanah air di balik pembuatannya....
  • HOT !
    Korea Selatan penuh dengan penemuan penemuan menarik yang mungkin masih banyak orang tidak ketahui. Namun beberapa orang tidak menyadari bahwa mereka gunakan sekarang ini adalah inovasi dari Korea....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : kradmisaki
Cast : penitipan anjing di kenjeran

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)