home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Di Balik Fenomena Orang Cina Tiba-tiba Borong Massal Mie Instan

Sabtu, 12 Oktober 2019 22:24 by reinasoebisono | 2644 hits
Alasan Di Balik Fenomena Orang Cina Tiba-tiba Borong Massal Mie Instan
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Berdasarkan data dari Tingyi Holdings yang juga adalah produsen mie instan terbesar di Cina, nilai penjualan mie instan naik 36.8% sejak tahun 2018. Dan ternyata, jika ada peningkatan penjualan mie instan secara taham di Cina, itu adalah pertanda untuk suatu isu ekonomi.

Melansir Detik, meningkatnya penjualan mie instan di Cina bukanlah hal baru, namun alasan di balik masyarakat Cina tiba-tiba memborong secara bersamaan itu lah yang jadi sorotan.

Dikabarkan Instone News (12/10) pemerintah China ternyata menandakan belanja konsumen untuk membantu menjaga stabilitas perdagangan. Karena ketika konsumen menekan anggaran belanja, pertumbuhan ekonomi pun melambat.

Dari data yang ada, konsumsi mie instan di China dan Hong Kong menurun sejak 2014. Ini disebabkan oleh gempuran makanan take away berharga murah yang mendapat subsidi dari start-up pengiriman makanan.

Baca juga: Herannya Dokter Spesialis Soal Melonjaknya Pneumonia di Cina, Indonesia Perlu Waspada?

Seperti yang terjadi pada tahun 2018 lalu, penjualan mie instan di Cina meningkat tajam, sekitar lebih dari 40 miliar porsi mie instan terjual. Jumlah ini menempati angka 38,8 persen dari total penjualan global. Bisa disimpulkan tahun lalu, warga China berbondong-bondong membeli mie instan dalam jumlah banyak.

Di China, mie instan adalah produk ikonik yang berkaitan erat dengan aspek industrialisasi dalam 40 tahun terakhir. Selain mie instan, ada juga produk yang dikaitkan dengan tingkat naik turunnya perkembangan ekonomi.

Kendati demikian, pihak pemerintah membantah perekonomian China sedang menurun. Selama beberapa dekade, China tercatat sebagai negara yang mengonsumsi mie instan paling banyak di dunia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)