home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Soal Pemisahan Bogor Raya dan Bekasi Gabung Jakarta, Ridwan Kamil Angkat Bicara

Kamis, 22 Agustus 2019 13:30 by manachemvr | 2108 hits
Soal Pemisahan Bogor Raya dan Bekasi Gabung Jakarta, Ridwan Kamil Angkat Bicara
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Beberapa hari terakhir muncul wacana pemisahan beberapa daerah di Jawa Barat. Wilayah tersebut mencakup Bogor yang akan dipisah menjadi Provinsi Bogor, dan juga penggabungan Bekasi menjadi Jakarta Tenggara.

Tidak ingin pemberitaan menjadi simpang siur, akhirnya Ridwan Kamil menjelaskan bahwa rencana pemekaran memang ada di dalam agenda politiknya. Namun pemekaran yang dimaksud tidak berada di level provinsi melainkan hanya pada tingkat kabupaten kota.

"Jadi pemekaran itu banyak ada 15. Tapi saya takut salah nyebut. Tapi argumen saya kebutuhannya itu ada di level kabupaten kota bukan provinsi," tutur Ridwan Kamil.

Ia menambahkan bahwa sah-sah saja jika ada keinginan untuk penggabungan Bekasi ke Jakarta. Tetapi ada beberapa konsekuensi yang akan terjadi, contohnya tidak akan ada lagi pemilihan langsung untuk tingkat wali kota.

Baca juga: Puan Maharani Tegaskan AHY & Ridwan Kamil Tak Akan Mungkin Jadi Cawapres Ganjar

"Kalau Bekasi, pertama ini kewenangan pusat. Jadi kalau namanya aspirasi mah boleh namanya politik tiap zaman bergeser-geser. Tapi konsekuensi Bekasi kalau ke Jakarta berarti wali kotanya dipilih dirotasi mutasi oleh gubernur. Karena masuk Jakarta itu daerah khusus ibu kota," ujarnya

Menurutnya ketika Bekasi sudah menjadi bagian dari Jakarta, otonomi daerah Bekasi juga akan bergabung pada otonomi tingkat I DKI Jakarta. Hal ini menyebabkan walikota daerah akan ditunjuk langsung oleh Gubernur DKI Jakarta.

Bukan hanya itu saja, Ridwan Kamil selaku Guberbur Jawa Barat menjelaskan bahwa kewenangan untuk membentuk daerah otonomi baru bukan berada pada dirinya, melainkan kepada pemerintah pusat. Dirinya hanya dapat memberikan masukan untuk pengambilan keputusan di pusat.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)