home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Udara Jakarta Kembali Jadi yang Terburuk, Ternyata Bekasi dan Tangsel Lebih Parah?

Senin, 12 Agustus 2019 11:27 by reinasoebisono | 7633 hits
Udara Jakarta Kembali Jadi yang Terburuk, Ternyata Bekasi dan Tangsel Lebih Parah?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Sempat membaik pada pekan lalu, kini situs penyedia data polusi udara yaitu AirVisual kembali mencatat Ibu Kota DKI Jakarta adalah kota dengan polusi udara terburuk di dunia. Namun ternyata ada fakta mencengangkan lain yang nampak.

Dilansir dari Kompas, kualitas udara Kota Bekasi, Jawa Barat dan Tangerang Selatan atau Tangsel di Banten lebih buruk dibandingkan Jakarta. Hal ini didapat dari data AirVisual pada Senin (12/8) hingga pukul 08.20 WIB. Kualitas Kota Bekasi dan Tangsel sama-sama ‘merah’.

Di mana Bekasi berada di angka 182, sementara Tangsel 198. Padahal, pagi ini AirVisual mencatat jika pagi ini Jakarta jadi kota besar dunia yang memiliki polusi udara terburuk dengan tingkat kualitas udara 163.

Baca juga: Gubernur Anies Ciduk Kantor yang Tetap Pekerjakan WFO Ibu Hamil

Pengukuran AirVisual terhadap kualitas udara dilakukan menggunakan parameter PM (particulate matter) 2,5 alias pengukuran debu berukuran 2,5 mikron berstandar US AQI (air quality index). Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan, ambang batas sehat konsentrasi PM 2,5 di sebuah kota tak dapat lebih dari 25 mikrogram per meter kubik (mikrogram/meterkubik) dalam 24 jam.

Sementara itu, konsentrasi PM 2,5 Bekasi pagi ini mencapai 115 mikrogram/meterkubik, sementara konsentrasi PM 2,5 Tangsel ada di angka 145,8 mikrogram/meterkubik. Kualitas buruk tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada paru-paru dan jantung, terutama pada kelompok sensitive dengan resiko tinggi.

Karena itulah, kelompok sensitive direkomendasikan mengurangi kegiatan di luar ruangan. Sementara warga yang beraktifitas di luar ruang dianjurkan untuk mengenakan masker guna menangkal polusi udara.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Selasa, 14 September menjadi momen bersejarah bagi BTS yang secara resmi dilantik sebagai utusan khusus Presiden Korea Selatan Moon Jae In untuk diplomasi publik. Ketujuh membernya juga diberikan paspor diplomatik dan pulpen sebagai bagian dari peran mereka....
  • HOT !
    Korea Utara selama ini sangat anti dengan konten hiburan dari Korea Selatan bahkan mengibaratkannya sebagai penyakit kanker bagi anak muda. Namun belakangan ini, perhatian mereka teralihkan kepada serial D.P....
  • HOT !
    D.P merupakan series terbaru dari Netflix yang dirilis pada 27 Agustus 2021 lalu, yang merupakan nama unit Deserter Pursuit dari Polisi Militer. Meski diadaptasi dari webtoon, banyak yang merasa D.P terasa begitu nyata....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)