home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Perusahaan Unicorn Lokal Jadi Milik Asing, Ini Lho Nama-nama Pemegang Saham Go-Jek

Jumat, 02 Agustus 2019 15:25 by reinasoebisono | 1295 hits
Heboh Perusahaan Unicorn Lokal Jadi Milik Asing, Ini Lho Nama-nama Pemegang Saham Go-Jek
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Belakangan sempat heboh jika pemilik para perusahaan unicorn lokal adalah pihak asing, lebih tepatnya Negara Singapura. Informasi tersebut dilontarkan oleh hasil riset Google Temasek yang sontak menjadi perdebatan netizen.

Terlebih, perusahaan-perusahaan lokal tersebut yang kerap dibanggakan Presiden Joko Widodo. Sebut saja Go-Jek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak. Melansir Kompas, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong yang sempat mendukung informasi tersebut kini meralat ucapannya.

Para pihak perusahaan unicorn itu pun sudah membantah klaim tersebut dan memastikan jika mereka adalah perusahaan yang berbasis di Indonesia dan tidak dimiliki pihak asing, salah satunya adalah Go-Jek. Fyi, unicorn adalah sebutan bagi perusahaan yang nilai kapitalisasinya lebih dari USD1 miliar yang jika dirupiahkan sekitar 14 Triliun Rupiah.

Menurut catatan Kontan.co.id, Chief of Corporate Affair Go-Jek Nila Marita menyatakan jika Go-Jek adalah perusahaan yang terdaftar di Indonesia dengan nama PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Di mana seluruh penanaman modal dan investasi ditanamkan dan dibukukan secara penuh di perusahaan tersebut. Ia juga memastikan Go-Jek tidak punya memiliki induk perusahaan di Singapura.

Dari data dari Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU), Go-Jek memang tercatat sebagai PT Aplikasi Karya Anak Bangsa dan berstatus sebagai penanaman modal asing alias PMA. Alamatnya berada di Gedung Equity Tower Lantai 35, Jenderal Sudirman.

Baca juga: Permudah Pemesanan, Gojek Kenalkan 3 Layanan Baru di Aplikasi

Yang menarik adalah ternyata cukup banyak pemegang saham dari Go-Jek. Selain nama pendiri seperti Nadiem Makarim yang punya tiga seri saham, ada beberapa pribadi dan perusahaan yang tercatat baik dari dalam maupun luar negeri.

Sebut saja ada Allianz Strategic Investments SARL, Anderson Investment Pte Ltd, Asean China Investment Fund (US) III LP, Gamvest Pte Ltd, Golden Signal Limited, dan Google Asia Pacific Pte Ltd. Kemudian, ada pula KKR Go Investment Pte Ltd, London Residential II SARL, Natural Plus Holdings Limited, OZ GOJ Sculptor Investments SARL, dan investor asing lainnya.

Ada juga investor dalam negeri. Sebut saja PT Astra International Tbk, PT Asuransi Jiwa Sequis Life, PT Chandramahkota Prima, PT Global Digital Niaga, PT Northstar Pacific Investasi, PT Sigmantara Alfindo, PT Union Sampoerna, PT Radianx Capital LP, dan lainya.

Kemudian ada Rakuten Europe SARL, Sequoia Capital India Growth Investments, Sixteen Dragonfruit SARL, Tencent Mobilty Limited, WP Gojek Investments Partnership LP, WP Investments VI BV, dan lainnya. Para pemegang saham tersebut mempunyai saham dalam seri yang berbeda dengan jumlah yang beragam. Dengan jumlah per seri dari puluhan juta rupiah hingga puluhan miliar rupiah.

(rei)

Komentar
  • HOT !
      Drama 'Extraordinary Attorney Woo' sukses mencuri perhatian global. Bersamaan dengan berbagai pujian yang diterimanya, drama yang mengangkat kisah pengacara autis pertama di Korea itu juga tidak lepas dari kritikan....
  • HOT !
    Netizen tanah air dihebohkan dengan kabar bahwa artis Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week di bawah nama perusahaannya PT. Tiger Wong Entertainment....
  • HOT !
    Jika di hari kemarin, Selasa (5/7) pemerintah meningkatkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jabodetabek ke level dua, kini kembali lagi ke level satu per hari Rabu (6/7) ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)