home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sampai Ada Himbauan Pertamina, Ternyata Menggoyangkan Kendaraan Saat Isi Bensin Berbahaya

Rabu, 31 Juli 2019 10:27 by reinasoebisono | 623 hits
Sampai Ada Himbauan Pertamina, Ternyata Menggoyangkan Kendaraan Saat Isi Bensin Berbahaya
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Sering melihat orang menggoyang-goyangkan mobil ketika mengisi bahan bakar atau bensin? Dari cerita zaman dulu, perilaku tersebut bertujuan untuk memaksimalkan pengisian bahan bakar ke dalam tangki bensin.

Atau sering disebut ‘tidak mau rugi’ agar bahan bakar yang masuk mengisi seluruh permukaan tangka, digoyanglah agar bensin semakin turun. Namun ternyata Pertamina justru menghimbau untuk tidak menggoyangkan kendaraan karena berakibat bahaya.

Dari sebuah foto yang diunggah netizen bernama Sick Ijok Majoli di grup pecinta mobil tua Motuba di Facebook, Pertamina menghimbau tidak lagi menggoyangkan mobil saat pengisian bahan bakar karena bisa menyebabkan kebakaran.

"Masih suka nemu mobil atau motor goyang di SPBU nggak mbah? Saya nemuin postingan temen di NTT, di kota-kota besar saya masih sering lihat beberapa mobil goyang terutama taxi bermesin diesel," kata Sick Ijok Majoli.


Image source: Suara

Baca juga: Momen Bencana dan Duka Bersama Indonesia Sepanjang 2021

"STOP, Kebiasaan menggoyang mobil dan motor saat isi bensin, bisa menimbulkan kebakaran," tulis himbauan di banner tersebut. "Kebakaran bisa terjadi karena ujung nozzle bensin bertemu dengan ujung tangki. Saat kedua titik beda muatan bertemu, maka terjadi gesekan listrik statis, maka memungkinkan adanya loncatan percikan api,"

Himbauan tersebut pun diakhiri dengan tulisan pengingat jika Bahan Bakar Minyak atau BBM adalah benda cair.  "BBM itu benda cair, tanpa digoyangkan pun, bisa masuk sampai ke celah tangki."

Via laman Suara, diketahui lokasi banner berisi himbauan dari Pertamina itu berada di SPBU De Jongste Oil Tanah Merah, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jakarta dan sekitarnya digegerkan oleh gempa yang terjadi di Lebak, Banten dengan magnitude 6.7 skala richter. Berbagai foto dan video memperlihatkan kepanikan warga terutama yang beraktifitas di Gedung gedung tinggi berhamburan keluar....
  • HOT !
    Selain menjadi tahun penuh tantangan, ada sederet momen memprihatinkan yang menambah perjuangan perjalanan 2021. Mulai dari bencana alam, hingga hilangnya moda transportasi besar nasional....
  • HOT !
    Indonesia dikabarkan akan menerapkan peraturan pemberlakuan micro lockdown demi menangkal virus COVID 19 varian Omicron. Namun, istilah ini sebenarnya merujuk pada PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) mikro yang sempat berjalan di samping penerapan PPKM berlevel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)