home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Asyik, Kereta Hidrogen Pertama Asia Ini Tak Perlu Bangun Rel Lagi di Indonesia!

Rabu, 10 Juli 2019 08:19 by reinasoebisono | 4074 hits
Asyik, Kereta Hidrogen Pertama Asia Ini Tak Perlu Bangun Rel Lagi di Indonesia!
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pemerintah terus menggulirkan program infrastruktur dan transportasi publik untuk masyarakat. Teknologi yang dihadirkan pun makin berkembang mengikuti perkembangan zaman dan tentu melihat sisi efisien dan efektifnya.

Melansir Detik, Indonesia kini tengah mendalami perjanjian penggunaan kereta hidrogen pertama di Asia. Selain memang masih tergolong baru, kereta jenis ini ternyata memiliki kelebihan lain jika diterapkan di Indonesia.

Salah satunya adalah tidak perlu membangun rel kereta baru lagi sebagai akses berjalannya. Pasalnya, kereta ini bisa digunakan dengan rel yang biasa digunakan.

"Tidak perlu bangun Infrastruktur baru. Bisa gunakan eksisting track," jelas VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edy Kuswoyo.

Baca juga: Ayo Catat, GeNose Tak Lagi Berlaku Sebagai Syarat Perjalanan Kereta Jarak Jauh!

Berbicara mengenai rel sendiri, pemerintah menargetkan ribuan kilometer pembangunan rel baik yang baru, jalur KA perkotaan, KA Bandara, KA Pelabuhan, penambahan double track, hingga reaktivasi. 

Dalam rencana besar, pemerintah menargetkan beberapa pembuatan jalur baru di beberapa pulau, seperti Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Jalur baru di Sumatera diantaranya Sigli-Bireun-Lhokseumawe sepanjang 13 km,
Besitang-Langsa sepanjang 35 km.

Ada pula Kreung Mane-Kuta Blang 10,60 km, dan Rantau Prapat-Kota Pinang sepanjang 33 km. Lalu, pembuatan rel baru di Sulawesi sepanjang 29,45 km yang hubungkan Makassar hingga ke Parepare. Terakhir, rel baru di Papua akan dibangun jalur kereta api PT Freeport sepanjang 26 km.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pada bulan Mei lalu, sidang akhir diputuskan untuk menjatuhkan vonis seumur hidup kepada ibu angkat bayi Jung In bermarga Jang. Dalam sidang banding yang digelar baru baru ini pada 26 November, hukuman tersebut diringankan menjadi 35 tahun kurungan penjara....
  • HOT !
    Sangat disarankan untuk mengemudi dalam kondisi prima, bahkan tidak dianjurkan jika mengantuk sedikit pun. Pasalnya, pengemudi bisa saja mengalami microsleep yang tidak disadari dan memicu terjadinya kecelakaan....
  • HOT !
    Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 88 Tahun 2021 yang ditetapkan sejak 21 Oktober 2021, penumpang pesawat wajib melakukan tes PCR sebelum terbang. Aturan tersebut berlaku mulai Minggu, 24 Oktober 2021....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ghassanianna
Cast : Wooyoung, Hanna (karakter fiktif), Nichkhun, 2PM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)