home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Total Sudah 33 Tahun, Jaksa Minta Hukuman Penjara Mantan Presiden Park Geun Hye Ditambah

Jumat, 21 Juni 2019 12:14 by muthiasp | 1088 hits
Total Sudah 33 Tahun, Jaksa Minta Hukuman Penjara Mantan Presiden Park Geun Hye Ditambah
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Kasus penyelewengan dana pemerintah yang dilakukan oleh mantan presiden Korea Selatan Park Geun Hye masih terus bergulir. Pada Kamis (20/6), sidang banding yang diajukan Park Geun Hye kembali digelar dan jaksa justru tidak mengurangi masa hukumannya.

Sebelumnya, Park Geun Hye telah dijatuhi hukuman selama enam tahun penjara dengan denda 3,3 miliar won (sekitar 40,2 miliar rupiah). Ia didakwa menerima 3,5 miliar won (sekitar 42,6 miliar rupiah) dana khusus dari pejabat pemerintah selama periode antara 2013 dan 2016.

Namun Park Geun Hye tidak terima dan mengajukan banding.  Sidang banding diadakan di Pengadilan Tinggi Seoul yang justru membuatnya terancam hukuman lebih berat. Pasalnya, jaksa mengajukan hukuman penjara 12 tahun dengan denda 8 miliar won (sekitar 97,5 miliar rupiah) dan hukuman tambahan 3,5 miliar won (sekitar 42,6 miliar rupiah).

Selama persidangan pertama, Park Geun Hye dinyatakan tidak bersalah menerima suap tetapi dinyatakan bersalah atas kerugian 3,3 miliar won (sekitar 40,2 miliar rupiah) dari kas negara. Namun dalam persidangan banding, jaksa berpendapat bahwa Park Geun Hye juga harus dinyatakan bersalah menerima suap.

Jaksa penuntut menyatakan, "Jika transfer uang dan barang terkait dengan posisi pekerjaan dan kompensasi, maka telah terjadi penyuapan." Saat ini, mantan presiden Park Geun Hye sedang menjalani hukuman penjara di Pusat Penahanan Seoul. Untuk sementara, ia harus mendekam di jeruji besi selama total 33 tahun.

Park Geun Hye sebelumnya dijatuhi hukuman 25 tahun penjara dengan denda 20 miliar won untuk skandal korupsi yang melibatkan kepercayaannya Choi Soon Sil. Dua tahun penjara karena intervensi ilegal dalam nominasi partai Saenuri. Lalu enam tahun penjara atas penyelewengan dana negara.

(mth)

Komentar
  • HOT !
      Drama 'Extraordinary Attorney Woo' sukses mencuri perhatian global. Bersamaan dengan berbagai pujian yang diterimanya, drama yang mengangkat kisah pengacara autis pertama di Korea itu juga tidak lepas dari kritikan....
  • HOT !
    Netizen tanah air dihebohkan dengan kabar bahwa artis Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week di bawah nama perusahaannya PT. Tiger Wong Entertainment....
  • HOT !
    Jika di hari kemarin, Selasa (5/7) pemerintah meningkatkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jabodetabek ke level dua, kini kembali lagi ke level satu per hari Rabu (6/7) ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)